Siswa PAUD dan TK di Cilongok Peroleh Beasiswa Damandiri

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANYUMAS – Perhatian dan komitmen Yayasan Damandiri tidak hanya sebatas pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan, tetapi juga menyentuh dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya program beasiswa bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Guru TK Pertiwi Cilongok, Sri Haryati menuturkan, pada tahun ajaran lalu ada 10 siswa TK yang mendapat beasiswa dari Yayasan Damandiri. Dan orang tua siswa sangat bersyukur serta berterima kasih atas bantuan tersebut.

Guru TK Pertiwi Cilongok, Sri Haryati, dijumpai Rabu (9/9/2020) di rumahnya. Foto: Hermiana E. Effendi

“Tahun lalu siswa TK kami ada 55 anak, saat diberitahu ada program beasiswa dari yayasan, dari pihak sekolah mengajukan seluruh siswa untuk mendapat beasiswa tersebut. Karena yang disetujui hanya 10 siswa, maka uang beasiswa tersebut kita masukkan dalam tabungan siswa, supaya tidak menimbulkan kecemburuan pada siswa lainnya,” kata Sri Haryati, Rabu (9/9/2020).

Lebih lanjut Sri Haryati menjelaskan, pihak yayasan kemungkinan mempunyai pertimbangan tersendiri untuk memberikan beasiswa pada 10 siswa tersebut. Dan pada akhir tahun ajaran baru, pihak sekolah memberikan tabungan tersebut kepada wali murid dengan penambahan saldo Rp 300.000 dari akumulasi beasiswa Rp 25.000 selama satu tahun.

“Orang tua siswa sangat terkejut dan merasa sangat terbantu. Uang tersebut dipergunakan mereka untuk persiapan kenaikan kelas. Sekarang anak-anak yang memperoleh beasiswa tersebut duduk di TK besar,” jelasnya.

Salah satu siswa TK Pertiwi yang mendapatkan beasiswa dari Yayasan Damandiri, Raya mengatakan, uang tersebut rencananya dipergunakan untuk membeli alat-alat tulis baru serta tas dan sepatu baru.

“Sepatunya sudah kekecilan dan rusak, jadi nanti buat beli sepatu dan tas baru,” katanya.

Selain beasiswa untuk siswa TK Pertiwi, yayasan yang diketuai oleh Subiakto Tjakrawerdaja ini juga memberikan beasiswa untuk siswa PAUD di Desa Cilongok, salah satunya adalah PAUD Muslimat NU Misbachul Awwal. Kepala PAUD Misbachul Awwal, Mukminah dan pihaknya sudah mengajukan beberapa siswa.

“Pemberian beasiswa untuk anak usia PAUD ini membuat anak-anak di Desa Cilongok bisa bersekolah lebih awal. Sebelum ada program beasiswa dari Yayasan Damandiri, sebagian besar orang tua memilih untuk langsung menyekolahkan anaknya ke TK, jadi ada fase pendidikan dini yang dilewatkan,” jelasnya.

Salah satu orang tua siswa PAUD Misbachul Awwal, Ibu Kasih mengatakan, ia mempunyai lima orang anak dan semua masih usia sekolah. Sehingga untuk menyekolahkan si bungsu di PAUD ia harus berpikir ulang. Namun, pada tahun ajaran baru lalu ada program beasiswa dari Yayasan Damandiri, sehingga ia langsung mendaftarkan anaknya ke PAUD.

“Melihat anak saya bersemangat sekolah, rasanya senang sekali, karena tidak semua anak-anak di desa ini bisa mengenyam pendidikan PAUD. Anak saya bisa sekolah di sini, berkat bantuan beasiswa dari Yayasan Damandiri,” pungkasnya.

Lihat juga...