Son dan Kane Sukses Bantu Tottenham Hajar Southampton 5-2

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min (kiri), melakukan selebrasi atas gol ketiganya ke gawang Southampton yang berasal dari umpan Harry Kane (kanan) dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Minggu (20/9/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Tottenham Hotspur, sukses menghajar tuan rumah Southampton 5-2, berkat kombinasi jitu antara Son Heung-min dan Harry Kane, pada laga pekan kedua Liga Inggris yang digelar di Stadion St. Mary’s, Minggu (20/9/2020).

Son memborong empat gol dalam kemenangan yang seluruhnya dihasilkan dari assist Kane. Kane sendiri, turut mencetak gol pemungkas Tottenham. Sementara tuan rumah hanya bisa dibalas dua kali oleh Danny Ings. Hasil itu membuat Tottenham sementara melompat ke posisi kelima klasemen dengan raihan tiga poin. Sedangkan Southampton melorot ke urutan 19.

Sejak awal pertandingan berlangsung seru, dua gol Kane dianulir, karena offside. Sedangkan gol Ings untuk Southampton juga dibatalkan karena handball. Ketika kiper Hugo Lloris sudah terpedaya tidak mampu menjangkau tembakan Moussa Djenepo pada menit ke-26, Tottenham diselamatkan tiang gawang.

Tuan rumah mencuri keunggulan lebih dulu pada menit ke-32, melalui aksi Ings menyelesaikan umpan jauh Kyle Walker-Peters sebelum memperdaya Lloris. Tottenham menyamakan kedudukan pada menit kedua injury time lewat aksi Son yang menyelesaikan umpan terobosan presisi dari Kane, sebelum melepaskan tembakan ungkit memperdaya kiper Alex McCarthy.

Dua menit memasuki babak kedua, Tottenham berbalik unggul saat umpan bagus Kane diselesaikan dengan tembakan keras ke pojok kiri bawah gawang. Penyerang asal Korea Selatan itu melengkapi raihan trigol saat ia tetap tenang selepas menerima umpan lambung Kane, dan menaklukkan McCarthy untuk memperbesar keunggulan Tottenham 3-1 pada menit ke-64.

Tak sampai 10 menit kemudian Son mencetak gol keempatnya, yang lagi-lagi berasal dari umpan Kane dan Tottenham kini mengungguli Southampton 4-1. Kane akhirnya turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-82, ketika ia menyambar bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna McCarthy atas tembakan Erik Lamela. Di pengujung waktu normal, Ings mengkonversi tendangan penalti untuk memperkecil kekalahan Southampton jadi 2-5, tetapi tiga poin tetap dikantungi oleh Tottenham.

Di pekan ketiga, Southampton akan bertandang ke markas Burnley pada Sabtu (26/9/2020). Sedangkan Tottenham dihadapkan pada pekan yang padat dengan melawat ke markas Leyton Orient untuk putaran ketiga Piala Liga Inggris pada Selasa (22/9/2020), bertolak ke Makedonia Utara menghadapi Shkendija dalam kualifikasi ketiga Liga Europa pada Kamis (24/9/2020) dan akhirnya menjamu Newcastle United tiga hari kemudian. (Ant)

Lihat juga...