Sudah Ada 11 Berkas Bakal Pasangan Calon di Pilkada Tujuh Kabupaten di Sumsel

Ilustrasi pilkada - Dok CDN

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tujuh kabupaten yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel), yang menggelar pilkada serentak tahun ini, sudah menerima 11 berkas bakal pasangan calon kepala daerah.

Jumlah tersebut adalah berkas yang diterima hingga hari kedua pendaftaran, Sabtu (5/9/2020). Komisioner KPU Sumsel untuk Divisi Teknis Penyelenggaraan, Hendri Daya mengatakan, terdapat sembilan pasangan maju pilkada melalui jalur partai politik, dan dua pasangan melalui jalur perseorangan. “Berdasarkan laporan yang kami terima semua berkas tidak ada permasalahan, dan kemungkinan pada hari terakhir pendaftaran (Minggu (6/9/2020), masih ada yang akan mendaftar,” ungkapnya.

Ke-11 bakal pasangan calon yang berkasnya telah diterima tersebut ada di Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Musi Rawas Utara, dan Penukal Abab Lematang Ilir. Terdapat dua pasangan yang diterima oleh KPU Penukal Abab Lematang Ilir, pasangan Heri Amalindo-Soemarjono (PDIP, Golkar, PKS, NasDem, Gerindra, Perindo, PPP, PBB, PKB) dan Devi Harianto-Darmadi (Demokrat, PAN, Hanura).

Di KPU Ogan Komering Ulu Timur juga menerima dua pasangan yakni, Lanosin Hamzah-Adi Nugraha Purna Yudha (PKB, Demokrat, NasDem, PKS, Gerindra, Hanura, PPP, PAN, PDIP, Golkar, Perindo) dan Kolonel Ruslan-Herly Sunawan (jalur perseorangan dengan 41.560 dukungan KTP). KPU Musi Rawas Utara menerima tiga pasangan, Syarif Hidayat-Surian (PBB, Gerindra, PPP, PKS, PAN, Golkar, PKB, Demokrat, Perindo), Devi Suhartoni-Innayatullah (PDIP, NasDem, Hanura) dan Akisropi Ayub-Baikuni Anwar (jalur perseorangan dengan 16.655 dukungan KTP).

Sebanyak empat KPU kabupaten lainnya baru menerima satu pasangan calon, yakni Ogan Komering Ulu berkas atas nama pasangan Kuryana Azis-Johan Anuar (PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP, NasDem). Ogan Komering Ulu Selatan ada pasangan Popo Ali-Sholihien (PKB, Gerindra, PDI, Golkar, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat, PBB).

Ogan Ilir ada pasangan Ilyas Panji Alam-Endang (PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, PBB, Partai Berkarya), dan Musi Rawas pasangan Hendra Gunawan-Mulyana (Demokrat, PDIP, Hanura, Nasdem, PKS, PKB, PBB). “Hingga hari kedua proses pendaftaran berlangsung kondusif, aman, dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 seperti yang sudah kami minta ke masing-masing KPU,” kata Hendra.

Setelah berkas diterima, masing-masing KPU haus segera memverifikasi adminsitrasi persyaratan calon yang kegiatannya diserentakkan dengan tes kesehatan di RSUP Muhammad Hoesin Palembang pada 7-11 September 2020. (Ant)

Lihat juga...