Sudah MenjalanI Latihan Bersama, Fisik Pemain Persiraja Alami Peningkatan

Gelandang asing Persiraja, Samir Ayass, mengontrol bola pada uji coba melawan Persiraja U20 di Stadion di Murthala, Banda Aceh, Sabtu (29/8/2020) – Foto Ant

BANDA ACEH – Persiraja menyatakan, kondisi fisik pemain yang dipersiapkan untuk lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020, sudah mengalami peningkatan.

Akibat pandemi, kondisi fisik pemain sempat menurun. “Perkembangan latihan cukup baik. Fisik mengalami peningkatan signifikan. Latihan pemain terus digenjot, baik di dalam maupun di luar lapangan,” kata Sekretaris Umum Persiraja, Rahmat Djailani, di Banda Aceh, Senin (7/9/2020).

Selain fisik, para pemain juga dilatih meningkatkan kemampuan individu, serta kerja sama tim. Pemain sudah dijadwalkan menggelar uji coba internal dengan Persiraja U20. Selain dengan Persiraja U20, pelatih juga mengagendakan pertandingan uji coba dengan Tim PON Aceh di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh.

Rahmat Djailani menyebut, tim sepak bola tersebut dipersiapkan untuk PON 2021 di Provinsi Papua. Tim tersebut peraih medali emas Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2019 di Provinsi Bengkulu. “Tim PON Aceh juga diperkuat beberapa mantan pemain Persiraja. Uji coba tersebut menjadi bahan evaluasi bagi pelatih, sejauh mana proses latihan pemain yang berlangsung sejak 20 Agustus lalu,” kata Rahmat Djailani.

Sebelumnya pelatih kepala Persiraja, Hendri Susilo mengatakan, kondisi fisik seluruh pemain menurun drastis setelah lima bulan tidak berlatih dan bertanding. “Tidak hanya Persiraja, semua tim Liga 1 juga mengalami kondisi serupa. Artinya, kondisi fisik dan performa pemain mulai dari nol lagi,” kata Hendri Susilo.

Hendri Susilo menambahkan, dirinya bersama tim pelatih akan memfokuskan peningkatan fisik. Dan diharapkan para pemain juga fokus mengembalikan performanya seperti di awal kompetisi. “Masalah fisik sangat mendasar sekali. Apalagi pemain lima bulan tidak berlatih. Jadi, latihan kami lakukan tahap demi tahap untuk mengembalikan kemampuan pemain,” tandas Hendri.

Di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020, Persiraja baru tiga kali melakoni pertandingan. Pertama menjamu Bhayangkara FC di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada 29 Februari 2020, dengan skor 0-0. Kedua, dijamu Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur, pada 9 Maret 2020, dengan skor 0-0. Serta pertandingan ketiga dijamu Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada 14 Maret 2020, dengan skor 0-1 untuk kemenangan Persiraja.

Untuk Lanjutan kompetisi Liga 1, Persiraja akan berkandang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI. Yogyakarta. Dalam lanjutan kompetisi tersebut, Persiraja akan menjamu PSM Makasar, Minggu (4/10/2020) mendatang. (Ant)

Lihat juga...