Sudah Ratusan Warga Mukomuko Dinyatakan Positif DBD

Nyamuk Aedes Aegepty - Dok CDN

MUKOMUKO – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mencatat, ada sebanyak 101 orang warga di daerahnya positif Demam Berdarah Dengue (DBD). Jumlah tersebut terhitung sejak Januari hingga Agustus 2020.

“Jumlah kasus DBD di daerah ini beberapa bulan ini sedikit. Biasanya setiap awal tahun jumlah kasus DBD ini tinggi kemudian setelah itu jumlah kasus DBD di daerah ini berangsur menurun,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, Senin (14/9/2020).

Di Januari tercatat ada 26 kasus, Februari 11 kasus, Maret 14 kasus, kemudian di April ada 17 kasus, Mei ada 17 kasus, Juni ada lima kasus. Di Juli ada tiga kasus dan Agustus ada delapan kasus. “Mudah-mudahan semua pihak di daerah ini baik Dinas Kesehatan maupun masyarakat bersama-sama bisa mengurangi jumlah kasus DBD melalui kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” tandasnya.

Ia mengatakan, dari 101 kasus DBD tersebut, terdapat satu orang warga yang meninggal dunia. Warga tersebut meninggal karena memiliki penyakit penyerta lainnya. Terhadap data ratusan warga yang positif DBD, petugas dari dinas kesehatan disebutnya, telah melakukan berbagai tindakan penanganan. Termasuk melaukan penyelidikan dan epidemologi (PE), melakukan pengasapan secara fokus di lokasi di temukan kasus positif DBD. (Ant)

Lihat juga...