Tante Sari, Inovasi Metrologi dari Kabupaten Mojokerto

Webinar pengenalan tera ulang oleh Pemkab Mojokerto, Jawa Timur – Foto Ant

MOJOKERTO – Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,  melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan UPT Metrologi Legal, memiliki inovasi yang mereka namai Tante Sari atau Tera Ulang Selesai Sehari.

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mengatakan, Tante Sari merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk mendukung komitmen menjadi Daerah Tertib Ukur (DTU). Hal itu untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat

“Selain itu, Tante Sari juga diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan pelayanan cepat, tepat, murah, profesional dan akuntabel,” kata Pungkasiadi, dalam Webinar dipandu oleh Direktur Metrologi Ditjen Perlindungan Konsumen & Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan RI, Rusmin Amin, Kamis (3/9/2020).

Dengan Tante Sari, dalam sehari UPT Metrologi Legal Mojokerto mampu menera 50 kali. Jumlah ini lebih banyak jika dibanding pelayanan umum yang melayani 30 tera atau tera ulang. “Melalui terobosan ini, Surat Keterangan Hasil Pengujian (SKHP) pun dapat diselesaikan pada saat itu juga. Berbeda dengan pelayanan biasa, dimana SKHP paling cepat selesai dalam dua hari,” katanya.

Secara lengkap,  banyak ragam terobosan-terobosan yang terdapat di program, Tante Sari. Seperti mampu mengefisienkan pelayanan, menyiapkan SDM penera dan reparatir, menyiapkan e-retribusi Pelayanan kemetrologian dengan dilengkapi QR-code, serta menerapkan ISO 9001:2015.

“Inovasi pelayanan publik ini, diharapkan benar-benar mengimplementasikan fungsinya secara cepat dan tepat. Kami selalu komitmen, kalau (pelayanan publik) bisa disederhanakan, kenapa tidak? Outcome kita memang masyarakat harus dilayani sebagai hal nomor satu. Alur pelayanan tidak perlu dibuat panjang dan rumit. Namun, saya tetap minta semua itu dikerjakan dengan tepat, akuntabel dan profesional. Prinsip dasar harus selalu diingat. Memperdaya ukuran, bisa menghilangkan kepercayaan,” tutur Bupati Pungkasiadi. (Ant)

Lihat juga...