Thiem Tundukkan Cilic di Babak Pertama French Open

Petenis Austria, Dominic Thiem, mengembalikan bola ke arah lawannya petenis Jerman Alexander Zverev pada pertandingan final tunggal putra US Open di USTA Billie Jean King National Tennis Center, Flushing Meadows, New York, Senin (14/9/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Dominic Thiem (Austria), yang baru menikmati kemenangan Grand Slam US Open awal September lalu, dipaksa bermain keras pada babak pertama French Open 2020. Hal itu harus dijalani, untuk bisa mengalahkan Marin Cilic dengan skor 6-4, 6-3, 6-3, di Roland Garros, Paris, Senin (28/9/2020).

Unggulan ketiga, Thiem, yang dikalahkan oleh Rafa Nadal dalam dua final terakhir French Open, menjalani putaran pertama yang sulit, saat melawan mantan juara US Open 2014 asal Kroasia itu. “Aku sungguh senang dengan putaran pertama ini. Aku menghadapi juara hebat lainnya hari ini. Transisi ke (lapangan) tanah liat dan suhu yang dingin telah berjalan dengan sangat baik,” kata Thiem mengomentari laga yang dijalaninya, Senin (28/9/2020).

Cilic mempersulit Thiem dengan beberapa taktik agresif. Tetapi justru tersendat di momen-momen penting. Thiem mematahkan servis Cilic menjadi 4-4 pada set pertama, dan kemudian bangkit dari ketertinggalan 0-40 untuk menutup set pertama.

Menggunakan backhand satu tangan yang kuat, dilakukan untuk memberikan efek merusak di lapangan tanah liat yang berat. Dan Thiem sukses mendominasi set kedua. Petenis berusia 27 tahun itu sempat tertinggal 0-2 di set ketiga, tetapi menggunakan tenaga tambahan untuk merebut lima gim berturut-turut, sebelum Cilic menghentikan dominasinya. Thiem harus menyelamatkan break point, ketika dia melakukan servis pada kedudukan 5-3. Dan mengklaim kemenangan keempatnya dalam empat pertemuan dengan Cilic dan melanjutkan ke babak kedua.

Sementara itu, debut petenis profesional Kanada, Felix Auger-Aliassime di French Open 2020 berakhir tragis, setelah dikalahkan oleh Yoshihito Nishioka asal Jepang pada putaran pertama dengan skor 5-7, 3-6, 3-6.

Petenis berusia 20 tahun itu tidak banyak berkutik saat menghadapi Nishioka, di kondisi cuaca yang mendung gelap. Meski sempat kehilangan servis pada awal set pertama, namun seterusnya Nishioka mampu mengendalikan permainan secara penuh. Terlebih, Auger-Aliassime yang merupakan pemain unggulan ke-19, lebih banyak melakukan kesalahan sendiri.

Kondisi itu dimanfaatkan dengan baik oleh Nishioka untuk merebut poin demi poin, hingga akhirnya berbuah kemenangan. Selanjutnya pada putaran kedua French Open 2020, Nishioka akan berhadapan dengan petenis tuan rumah yang mendapatkan wildcard, Hugo Gaston. (Ant)

Lihat juga...