Tiga Hari ke Depan Hujan Lebat dan Angin Berpotensi Landa Papua

Ilustrasi -Dok: CDN

JAYAPURA – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Jayapura, mengingatkan masyarakat di sejumlah wilayah di Papua untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin selama tiga hari ke depan.

Pelaksana tugas Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Tato Agustinus, menyebutkan pihaknya mengeluarkan peringatan dini cuaca potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang selama tiga hari ke depan, yakni sejak Minggu sampai Selasa (20-22/9).

Hari pertama pada Minggu (20/9), kata dia, masyarakat mengingatkan masyarakat mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Nabire, Sarmi, Kota Jayapura, Asmat, Mappi dan pegunungan tengah.

Pada siang hari di wilayah Kabupaten Biak Numfor, Boven Digoel, Asmat dan Mappi. Kemudian pada malam hari, di wilayah Kabupaten Boven Digoel dan Mappi.

Hari ke dua, pada Senin (21/9), masyarakat diminta mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Dogiyai, Mimika dan Asmat.

Selanjutnya, pada siang hari di wilayah Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Nduga. Pada malam hari di wilayah Kabupaten Waropen dan Kabupaten Intan Jaya. Dini hari di wilayah Kabupaten Asmat.

Pada hari ke tiga, yakni pada Selasa (22/9), BBMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada Selasa pagi, terjadi di wilayah Kabupaten Dogiyai, Nabire, Waropen, Mimika, Asmat dan wilayah pegunungan tengah. Siang hari, di wilayah Kabupaten Nabire, Mamberamo Raya, Asmat, Nduga, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Mappi dan Kabupaten Boven Digoel.

Pada malam hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Waropen, Kepulauan Yapen, Asmat, Mappi, dan Kabupaten Yahukimo. Kemudian, dinihari, terjadi di wilayah Kabupaten Nabire, Waropen, Asmat dan Kabupaten Mappi.

Bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi terkini dapat langsung mengakses youtube BMKG Papua, instagram infobmkgpapua, twiter infobmkgpapua, dan facebook infobmkgpapua. Informasi waspada hujan lebat ini resmi dikeluarkan oleh Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Jayapura. (Ant)

Lihat juga...