Tingkatkan Kedisiplinan Prokes, Pemprov Babel Gelar Gerakan ‘Sejuta Masker’

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar gerakan sejuta masker, guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19 di daerah itu.

“Hari ini gerakan sejuta masker dan kampanye jarak jarak difokuskan di Kota Pangkalpinang,” kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah saat membagi-bagikan masker di Pasar Pagi Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan gerakan sejuta masker, kampanye jaga jarak dan hindari kerumunan ini sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang mewajibkan tiap daerah menyebarkan masker gratis kepada masyarakat untuk menekan penyebaran COVID-19.

Selain itu, gerakan ini dalam rangka operasi yustisi penggunaan masker dan Pilkada 2020 yang aman, damai, dan sehat, sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona di klaster pemilu.

“Gerakan ini digelar secara bertahap, tahap awal digelar di Kota Pangkalpinang, selanjutnya Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur,” ujarnya.

Menurut dia gerakan ini tidak hanya sekedar membagikan masker, tetapi bagaimana pemerintah dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap pandemi COVID-19.

“Sangat perlu ditanamkan kedisiplinan menjalankan protokol COVID-19, hingga menjadi budaya yang melekat di diri masyarakat,” katanya.

Selain itu, edukasi protokol kesehatan ini diharapkan dapat menggugah masyarakat dan mengingatkan kewajiban atas penggunaan masker serta protokol kesehatan lain seperti mencuci tangan dan pola hidup sehat,” katanya.

“Sebelum menggelar gerakan ini, kami mengikuti rapat melalui video conference bersama seluruh kepala daerah dan forkopimda se-Indonesia, sebagai langkah pemda bersama untuk meminimalisir dampak seperti terganggunya penanganan COVID-19 di Indonesia saat pelaksanaan pemilu,” katanya.

Kegiatan Vicon yang dipimpin langsung oleh Wakapolri, Komjen Dr. Gatot Eddy Pramono untuk membahas sinergisitas pemda dalam pelaksanaan kampanye penggunaan masker dan protokol kesehatan lainya dan hal tersebut penting dibahas juga pelaksanaan pilkada serempak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pada pertemuan virtual tersebut, Wakapolri menegaskan seluruh pemda se-Indonesia agar secara bersama-sama meminimalisir dampak seperti terganggunya penanganan COVID-19 di Indonesia. (Ant)

Lihat juga...