Tips Sehat di Tengah Pandemi ala Bupati Banyumas

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Bupati Banyumas, Achmad Husein setiap hari selalu padat berkegiatan dan kerap memimpin langsung operasi masker yang tentu saja banyak bertemu orang, serta Orang Tanpa Gejala (OTG) yang terjaring razia. Namun, di tengah aktivitasnya tersebut, tiga kali swab test yang dijalani, hasilnya selalu dinyatakan negatif Covid-19.

Kepada Cendana News, Husein berbagi tips menjaga kesehatan di tengah pandemi. Ia mengatakan rutin meminum teh kombucha setiap pagi, Teh ini merupakan teh fermentasi yang mempunyai banyak khasiat, antara lain mengandung vitamin B, antioksidan tinggi, mengandung probiotik dan kandungan lainnya yang dibutuhkan tubuh.

“Para ahli kesehatan mengatakan, teh ini baik untuk pencernaan dan berkhasiat memperkuat imunitas tubuh, serta mampu menurunkan kadar gula. Selain itu juga mengurangi risiko penyakit jantung dan ginjal,karenanya saya rutin minum kambucha setiap pagi, sebelum menjalankan aktivitas,” tuturnya, Jumat (25/9/2020).

Selain itu, Husein juga mengaku rutin berolahraga. Namun karena kesibukannya menjalankan tugas, olahraga dilakukan dua hari sekali. Biasanya dengan bersepeda bersama keluarga atau melakukan senam.

Jika mulai merasa kurang sehat dan tenggorokan terasa kering, Husein mengatakan, ia langsung minum jus kunyit.

“Ada satu lagi tips saya menjaga kesehatan di tengah pandemi, yaitu sauna minyak kayu putih. Aroma dan khasiat minyak kayu putih sangat bagus untuk tubuh kita dan itu rutin saya lakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi harus ada pembiasaan pola hidup sehat, antara lain dengan Germas atau gerakan masyarakat hidup sehat. Dimana aktivitas fisik seperti olah raga harus rutin dilakukan, kemudian perbanyak konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak minum alkohol dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Minum air putih yang cukup, kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak, istirahat yang cukup dan minum suplemen vitamin C. Dan jangan lupa kondisi psikis juga sangat penting dijaga karena bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik kita, sehingga harus tetap bersemangat dan jangan lupa untuk bahagia,” kata Sadiyanto.

Untuk olahraga, lanjutnya, bisa dengan bersepeda seperti yang sekarang sedang banyak dilakukan masyarakat. Namun dengan catatan tetap menerapkan physical distancing dan tidak berkerumun. Atau bisa melakukan olahraga lainnya seperti joging, jalan sehat atau senam.

“Yang terpenting dalam berolahraga, hindari kerumunan dan tetap gunakan masker,” pesannya.

Lihat juga...