Vinalles Cetak Rekor Baru di Sirkuit Misano

Pebalap tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales - Foto Ant

JAKARTA – Yamaha tampil dominan di Grand Prix San Marino, setelah Maverick Vinales merebut pole position, dan mencetak rekor putaran baru di Sirkuit Misano.

Catatan terbaik Vinales, satu menit 31,411 detik di babak kualifikasi. Posisinya, 0,312 detik lebih cepat dari pesaing terdekatnya, sekaligus memecahkan rekor trek sebelumnya yang dipegang oleh Jorge Lorenzo.

Duet Petronas Yamaha, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo, melengkapi baris pertama start. Sedangkan rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi ada di P4. Itu juga merupakan kali pertama bagi Yamaha, dapat mengunci empat posisi start terdepan di sesi kualifikasi MotoGP.

Vinales dan para rider Yamaha punya modal kuat untuk balapan seri keenam di kalender 2020 itu. “Untuk besok, kami tidak tahu apa yang akan terjadi, tapi hari ini dan juga Jumat kami kuat, jadi besok kami akan mencoba untuk tampil kuat lagi,” kata Vinales setelah meraih pole position ke-12nya di sepanjang karier di kelas premier.

“Aku akan menekan sejak awal. Tentunya, balapan akan sangat panjang dan berat, jadi kami akan mencoba untuk bermain cerdas, dan kemudian lihat apa yang bisa kami lakukan,” tambahnya.

Setelah dua hasil mengecewakan di Austria, situasinya tampak berbeda bagi Yamaha di Misano, yang akan menggelar dua balapan musim ini. “Pole lap Maverick itu luar biasa. Dia berencana melakukan tiga kali time attack, berganti motor dua kali, dan awalnya aku sedikit khawatir,” kata Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli.

“Terkadang kalian butuh sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan motor, ketika berganti satu ke yang lainnya. Tapi dia melakukan tugas yang luar biasa. Sangat impresif. Valentino juga tampil kuat hari itu, bertarung di depan, demikian juga keempat Yamaha,” tambahnya.

Rossi, yang sempat menjadi yang tercepat di FP3, juga merasakan Yamaha cukup kompetitif di aspal baru Misano. “Start dari posisi keempat masih cukup bagus, laju kami tidak terlalu buruk. Kelihatannya Yamaha memiliki kecepatan yang sangat baik. Pertarungan akan sulit seperti biasanya, bukan hanya Maverick, tapi juga Quartararo dan Franco, kami membalap sangat baik sejak Jumat pagi. Jadi aku rasa aku harus start yang baik, memperbaiki diri untuk besok dan mencoba bertarung untuk podium,” tandasnya.

Senada dengan dua pebalap tim pabrikan itu, Quartararo kembali menemukan performanya, untuk start dari baris terdepan. “Aku merasa cukup positif, karena kami memiliki kecepatan untuk juara, jadi kita lihat apa yang akan terjadi,” kata pebalap Prancis itu.

Sirkuit Misano telah diaspal ulang tahun ini, menjelang seri San Marino. Balapan kali ini juga menjadi yang pertama kalinya dihadiri oleh penonton, meski dibatasi hanya sebanyak 10.000 orang di bawah protokol kesehatan ketat.

Juara bertahan, Marc Marquez, masih harus absen dan bakal melewatkan balapan kelimanya musim ini, setelah mengalami patah lengan kanan pada seri pembuka. Honda menyatakan, jika masa pemulihan pebalap Spanyol itu bisa dua hingga tiga bulan. (Ant)

Lihat juga...