Warga Nagari di Sumbar Didorong Tanam Pangan Lokal

Editor: Makmun Hidayat

LUBUK ALUNG — Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, mengakui adanya wabah pandemi Covid-19 telah memberikan dampak ekonomi kepada warga Nagari Sungai Abang Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Ia pun mengingatkan, dengan situasi pandemi Covid-19 warga Sungai Abang harus dapat memanfaatkan lahan di halaman rumah tinggal dengan menanam berbagai jenis pangan lokal seperti, cabe, ubi kayu, jagung dan sayuran, sebagai ketersediaan bahan makanan untuk kebutuhan keluarga.

“Pemprov Sumbar sangat mendukung program menanam lahan pekarangan yang menjadi salah satu upaya warga menjaga ketahanan pangan rumah tangga,” ujarnya saat memberikan bantuan paket sembako yang merupakan program memperdayakan masyarakat terdampak Covid-19 di Sungai Abang, Selasa (8/9/2020).

Selain itu, Wagub Sumbar mengatakan salah satu penyebab terjadinya peningkatan kasus akhir-akhir ini karena masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Dalam kesempatan tersebut, Nasrul Abit juga meminta kepada Wali Nagari setempat untuk mendata masyarakatnya dengan akurat guna untuk membagikan bantuan lainnya.

“Saya minta kepada Pak Wali Nagari untuk mendata seakurat mungkin, kemungkinan data ini untuk memberikan bantuan-bantuan selanjutnya,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal mengatakan, bantuan yang dibagikan ke masyarakat tersebut langsung dibeli dari masyarakat Alahan Panjang yang juga terdampak Covid-19.

“Kemudian kita bagikan pada masyarakat Sungai Abang yang juga terdampak Covid-19, sejumlah 200 paket. Semoga bantuan bisa bermanfaat bagi warga di sini,” jelas pria yang akrab di sapa Jejeng seraya mengatakan bantuan ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian yang diperuntukkan masyarakat terdampak Covid-19.

Lihat juga...