WHO-Cina Koordinasi Terkait Syarat Persetujuan Vaksin Covid-19

Ilustrasi - Botol kecil berlabel stiker "Vaksin COVID-19" dan jarum suntik medis - Foto: ANTARA

JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang berkoordinasi dengan Cina, terkait syarat persetujuan internasional untuk vaksin Covid-19 buatannya.

“Kantor WHO di Cina dan markas besar WHO sedang berkoordinasi dengan otoritas regulator di Cina,” kata asisten direktur jenderal Mariangela Simao, saat konferensi pers di Jenewa. “Kami berkomunikasi langsung, dan kami berbagi informasi serta persyaratan untuk persetujuan internasional vaksin.”

Kepala eksekutif Sinovac Biotech Ltd, pada Minggu, mengatakan sekitar 90 persen pekerja perusahaan Cina tersebut beserta keluarga mereka telah mendapatkan vaksin eksperimental, yang dikembangkan di bawah program penggunaan darurat negara tersebut.

Cakupan inokulasi dalam program darurat, yang diluncurkan Cina pada Juli, tapi merilis sedikit rincian, menunjukkan seberapa aktif pihaknya menggunakan vaksin eksperimental dengan harapan melindungi pekerja penting terhadap potensi kebangkitan Covid-19, bahkan saat uji coba masih berlangsung.

Selain Cina, negara lain yang terdepan dalam ikhtiar menemukan vaksin virus Corona adalah Rusia, Amerika, Inggris dan Jerman. Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan Rusia menjadi negara pertama yang memberikan persetujuan penggunaan vaksin Corona.

Namun, para pakar medis di Eropa meragukan keampuhan dan keselamatan vaksin yang diproduksi oleh Rusia. (Ant)

Lihat juga...