Wujudkan Resepsi Pernikahan Aman Covid-19 di Bale Ayu Pendopo

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

TANGERANG SELATAN – Menggelar resepsi pesta pernikahan adalah impian setiap pasangan calon pengantin. Sayangnya, di masa pandemi Covid-19, acara pernikahan tidak dapat dilakukan seperti biasanya. Sebab, kegiatan yang menghimpun banyak orang seperti itu sangat berisiko menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Atas pertimbangan itulah, sebagian pasangan memilih menunda mimpi mereka, bahkan sebagian pasangan lainnya terpaksa harus mengubur impian untuk merayakan momen paling bersejarah dalam hidupnya tersebut.

Namun jangan berkecil hati, Bale Ayu Pendopo hadir mengatasi dilema tersebut. Sebagai Wedding Venue and Function Hall, setiap calon pengantin tetap dapat mewujudkan impian merayakan pesta resepsi pernikahan yang aman Covid.

Manajemen Pendopo Bale Ayu berkomitmen penuh untuk selalu memperhatikan prosedur dan protokol kesehatan selama masa pandemi, mulai dari yang paling dasar seperti mencuci tangan, menjaga jarak serta menggunakan masker, hingga berbagai skema super ketat saat resepsi pernikahan berlangsung.

“Sejak pertama kali tamu memasuki venue, tamu harus mencuci tangan di tempat yang sudah kami sediakan, dan melewati pemeriksaan cek suhu tubuh. Apabila suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius, maka tamu tidak diperkenankan masuk ke gedung resepsi,” ujar Manajer Bale Ayu Pendopo, Aprilia Pangestuti kepada Cendana News, Rabu (9/9/2020).

Manajemen Bale Ayu Resto Pendopo juga secara rutin melakukan sterilisasi di area venue dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan setiap tiga hari sekali, kemudian penyemprotan juga dilakukan tiga jam sebelum resepsi pernikahan dimulai dan tiga jam sesudah acara.

Selain itu, Bale Ayu Resto Pendopo sendiri melakukan berbagai penyesuaian kapasitas, dari sebelumnya maksimal 800 orang, namun selama masa pandemi, tamu undangan tidak boleh lebih dari 400 orang atau 50 persen kapasitas.

Secara teknis pelaksanaan resepsinya pun dilakukan secara bersesi, 100 orang di tiap sesinya. Dan masing-masing tamu bisa berada di dalam gedung maksimal satu jam. Dengan penerapan skema seperti itu, maka secara otomatis manajemen Bale Ayu Resto Pendopo memberikan kelonggaran batas waktu, dengan memperpanjang pelaksanaan resepsi pernikahan.

Lebih lanjut, manajemen Pendopo Bale Ayu juga tidak memperbolehkan standing party. Dengan kata lain, semua tamu undangan yang hadir di dalam gedung harus berada dalam posisi duduk.

“Jadi tata letak kursi sudah kami atur sesuai dengan prosedur physical distancing, sehingga posisi kursi itu tidak diperbolehkan bergeser,” tandas Aprilia.

Adapun untuk sesi hidangan makanan, yang juga dianggap paling berisiko menyebarkan virus, manajemen Bale Ayu Resto Pendopo menawarkan dua skema; pertama, skema paket prasmanan (buffet), di mana setiap tamu undangan akan dibekali sarung tangan plastik saat akan mengambil hidangan.

“Kami tidak menyediakan petugas katering, jadi setiap tamu dapat mengambil sendiri hidangan. Kami juga menerapkan jaga jarak dalam antrean,” tandas Aprilia.

Kedua, skema paket besek, di mana tamu undangan dapat membawa pulang hidangan utama ke rumah masing-masing. Namun khusus untuk paket ini, manajemen Pendopo Bale Ayu juga tetap menyediakan hidangan gubukan, sehingga para tamu tetap bisa menikmati sajian di gedung resepsi dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Perlu juga digarisbawahi, bahwa dalam setiap pelaksanaan resepsi pernikahan, manajemen Bale Ayu Resto Pendopo selalu mengurus perizinan pendampingan terlebih dahulu, dan berkoordinasi dengan otoritas setempat, seperti Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar turut serta mengawasi jalannya acara sesuai prosedur dan protokol kesehatan.

“Apabila ketentuan protokol kesehatan ini tidak diindahkan dan suasana tidak kondusif, maka kami selaku manajemen akan bertindak tegas dan memberhentikan acara. Sekali lagi, ini adalah komitmen kami. Sebab bagi kami, keselamatan setiap orang adalah yang paling utama,” tegas Aprilia.

Penerapan protokol kesehatan yang super ketat saat resepsi pernikahan berlangsung menuai apresiasi dari para klien Bale Ayu Pendopo. Selain pelayanannya maksimal, mereka pun merasa lebih aman dan nyaman.

“Semua fasilitas yang diberikan Bale Ayu Pendopo sangat memuaskan. Saya melihat manajemen Bale Ayu Pendopo sangat memperhatikan apa-apa yang dibutuhkan oleh klien. Terlebih selama masa Covid-19 ini, semua berjalan sesuai dengan protokol kesehatan,” ujar Rasya salah seorang klien Bale Ayu Pendopo.

Lihat juga...