12 Prabinsa Kodim Sikka Positif Covid-19, Dinyatakan Sembuh

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Sebanyak 12 Prajurit Pembinan Desa (Prabinsa) Kodim 1603/Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berstatus positif Covid-19, telah selesai menjalani karantina selama 10 hari di gedung Sikka Convention Center (SCC) Kota Maumere, dan dinyatakan sembuh.

Sebanyak 12 Prabinsa ini mengikuti jejak 11 Prabinsa lainnya dari total 23 Prabinsa yang dinyatakan positif Covid-19, dan telah dinyatakan sembuh dan keluar dari lokasi karantina di gedung SCC pada Jumat (2/10/2020).

“Hari ini kita memulangkan 12 anggota Prabinsa yang telah menjalani karantina, dan hari ini pemulangan terakhir dari 23 anggota Prabinsa yang positif Covid-19,” kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, Muhammad Daeng Bakir, saat ditemui Cendana News di gedung SCC, Kota Maumere, Senin (5/10/2020).

Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT, Muhammad Daeng Bakir, saat ditemui di Gedung SCC, Kota Maumere, Senin (5/10/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Dikatakan Daeng Bakir, sebelumnya Satgas Covid-19 juga sudah memulangkan 11 anggota Prabinsa, Jumat (2/10/2020), mereka dinyatakan sembuh dan bisa kembali ke barak mereka di Kodim 1603/Sikka.

Ia menjelaskan, dari segi fisik dan berdasarkan hasil screening dan swab, para Prabinsa ini sudah dinyatakan negatif  Covid-19, sehingga telah dinyatakan sembuh. Para Prabinsa ini masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Ksehatan Kabupaten Sikka, kami tetap siaga karena ada 59 sampel swab lagi yang belum diperiksa. Untuk itu, posko dan lokasi karatina di Gedung SCC tetap dibersihkan dan dilakukan sterilisasi, sehingga bisa dipergunakan kembali,” terangnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka ini mengaku bersyukur, ke-12 Prabinsa bisa sembuh sehingga dirinya meminta agar tetap menjaga kesehatan, dan saat kembali ke masyarakat bisa tetap menerapkan protokol kesehatan.

Daeng Bakir juga mengingatkan, agar meningkatkan imun tubuh serta meningkatkan imun rohaninya, dengan tetap menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Sementara itu Dandim 1603/Sikka Letkol Inf. M. Zulnalendra Utama, SIP., mengatakan, hari ini Senin (5/10/2020) di tengah HUT ke-75 TNI, sebanyak 12 anggotanya dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Zulnalendra mengatakan, ke depan para Prabinsa tersebut tetap menjalankan tugas dan kegiatan yang diperintahkan komandan. Sebab, negeri ini sedang gencar-gencarnya memerangi Covid-19.

“Siapa pun bisa terkena penyakit ini, sehingga para Prabinsa yang pernah terkena penyakit Covid-19 bisa menjadi contoh dan duta bagi masyarakat, agar bisa berperilaku hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tegasnya.

Zulnalendra mengakui, kesembuhan prajuritnya dari Covid-19 merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa, dan segenap anggota yang bertugas di Makodim 1603/Sikka pun hari ini, Senin (5/10/2020), juga telah berakhir menjalani masa karantina terpusat.

“Mulai hari ini, Makodim 1603/Sikka sudah bisa dibuka dan bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya, karena semua personel telah selesai menjalani karantina dan dinyatakan sehat,” tutupnya.

Di gedung SCC, sebelum kembali ke Makodim 1603 Sikka, para Prabinsa menjalani olah raga bersama dan mendapatkan pengarahan dari Kepala BPBD Sikka.

Sebanyak 12 Parabinsa ini pun merayakan kesembuhan mereka dengan berlari dari gedung SCC menuju Makdim Sikka yang berjarak sekitar 700 meter, dengan dikawal petugas medis Kodim 1603/Sikka dan 2 mobil BPBD Sikka, yang mengangkut perlengkapan mereka.

Lihat juga...