304 Santri Positif Covid-19 di Banyumas, Sembuh

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Klaster pondok pesantren di Kabupaten Banyumas mempunyai tingkat kesembuhan tinggi. Sampai dengan hari ini tercatat sebanyak 304 santri yang positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, saat ini tinggal 93 santri yang masih menjalani karantina di Baturaden. Mereka masih menunggu hasil swab evaluasi yang terakhir, jika negatif, maka sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas, Sadiyanto dijumpai di Purwokero, Jumat (30/10/2020). Foto: Hermiana E. Effendi

“Kondisi santri yang masih menjalani karantina semua sehat, tidak ada yang sakit ataupun punya penyakit penyerta. Dari 93 santri yang karantina tersebut, sebanyak 18 santri merupakan warga Kabupaten Banyumas, lainnya dari luar Banyumas,” kata Sadiyanto kepada Cendana News, Jumat (30/10/2020).

Untuk menjaga kondisi kesehatan para santri, serta membuang rasa jenuh, para santri rutin diajak untuk berolahraga bersama-sama. Selain itu di waktu luang, juga kerap diajak melakukan aktivitas permainan bersama sebagai hiburan. Asupan makanan dan vitamin juga diperhatikan untuk mempercepat kesembuhan.

Klaster pondok pesantren mulai muncul di Kabupaten Banyumas sejak akhir bulan September lalu, jumlahnya langsung mencapai ratusan, sehingga menimbulkan kepanikan. Namun, Dinas Kesehatan Banyumas dengan cepat dan tepat menanganinya bersama tim gugus tugas penanggulangan Covid-19. Sehingga cepat teratasi dan bisa dilokalisir dengan cermat.

Juru bicara Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Banyumas, Enjang Burhanudin Yusuf mengatakan, pasca munculnya klaster pesantren, saat ini seluruh pesantren di Banyumas menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Koordinasi antarpesantren juga terus dilakukan terkait upaya pencegahan Covid-19.

“Pondok pesantren sudah menerapkan protokol kesehatan dengan tertib, terbukti tidak ada lagi penambahan klaster pesantren dalam jangka waktu yang cukup lama. Kami dari FKPP juga terus melakukan edukasi serta sosialisasi protokol kesehatan kepada pesantren-pesantren,” tuturnya.

Sementara itu dari data Dinas Kesehatan Banyumas, jumlah kasus positif Covid-19 di Banyumas saat ini ada 797 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 575 orang sudah dinyatakan sembuh, 129 orang masih dalam perawatan di rumah sakit, 69 orang menjalani isolasi dan 24 orang meninggal dunia. Untuk kontak erat yang masih dalam pemantauan tersisa 24 orang.

Lihat juga...