47 Pasien Corona di Mukomuko, Sembuh

MUKOMUKO – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menerima hasil tes usap atau swab sebagian besar pasien COVID-19 di daerah ini dan mayoritas dinyatakan sembuh.

“Ada 48 orang yang positif COVID-19 di daerah ini, 47 orang sudah sembuh dan satu orang di antaranya meninggal dunia,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima hasil tes swab terhadap sebagian pasien COVID-19 tanpa gejala dan telah menjalani isolasi di tempat dan isolasi mandiri di rumahnya.

Meskipun Dinkes belum menerima hasil tes terhadap semua pasien COVID-19 tanpa gejala, tetapi masa karantina pasien virus corona jenis baru ini telah berakhir sudah lebih dari selama 14 hari.

Menurutnya, secara aturan pasien COVID-19 tanpa gejala yang sudah selesai menjalani masa karantina selama 14 hari tidak perlu di karantina dan mereka ini bisa dikatakan sembuh karena dia tanpa gejala.

Saat ini sekitar 350 orang warga di daerah ini yang masih menunggu hasil tes usap atau swab dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) provinsi setempat.

Masih banyak yang menunggu hasil tes swab dari Labkesda Bengkulu karena rumah sakit tersebut tidak hanya melakukan uji sampel tes swab dari daerah ini saja tetapi dari sembilan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

Ia mengatakan, sebelum hasil tes swab terhadap ratusan orang warga setempat ini keluar, warga ini menjalani karantina mandiri di rumahnya untuk mencegah penyebaran COVID-19 di daerah ini.

Satgas Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko mencatat sebanyak 544 orang warga setempat yang kontak erat dengan sebanyak 48 pasien COVID-19 di daerah ini.

Ada 544 orang yang kontak erat dengan sebanyak 28 pasien COVID-19 dari tiga klaster penularan COVID-19 yakni klaster Kecamatan Pondok Suguh, perkantoran dan perusahaan. (Ant)

Lihat juga...