Lebaran CDN

Ada Bilik Khusus Pemilih Bersuhu Tubuh Tinggi di Pilkada Bangka Barat

Ilustrasi - Pilkada Serentak 2020 – Foto Ant

MENTOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan bilik khusus untuk pemilih yang bersuhu tubuh tinggi, pada pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

“Bilik khusus itu disediakan untuk pemilih yang terdeteksi bersuhu badan di atas 37,8 derajat celcius,” kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Mentok, Sabtu (31/10/2020).

Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi – Foto Ant

Menurut dia, bilik khusus akan disediakan di seluruh TPS, sebagai upaya antisipasi kemungkinan terjadinya penularan COVID-19, selama pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020. “Pada saat pemungutan suara, seluruh pemilih akan dicek suhu tubuhnya oleh petugas, dan bagi yang terdeteksi di atas 37,8 derajat celcius diarahkan untuk mencoblos di bilik khusus itu,” katanya.

Selain menyediakan bilik khusus, petugas di seluruh TPS juga akan menyediakan tempat cuci tangan, sabun dan masker. Khusus untuk masker akan diberikan gratis kepada pemilih yang tidak membawanya. Penyelenggara juga akan menata ruang, agar sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, karena pemilu tahun ini digelar di tengah pandemi COVID-19. “Dalam pemilu sebelumnya, panitia menyediakan kursi berkapasitas 15 orang, namun untuk kali ini maksimal sembilan tempat duduk dan jarak diatur minimal satu meter,” katanya.

Ia berharap, berbagai upaya dan persiapan yang sudah dilakukan, untuk pelaksanaan Pilkada 2020, bisa membuat prosesnya berjalan sukses, berintegritas dan sehat. (Ant)

Lihat juga...