Angka Partisipasi Pilkada Kabupaten Sukabumi Ditarget 77,5 Persen

Maskot Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 Kang dan Teh Tera – Foto Ant

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menargetkan, angka partisipasi masyarakat menyalurkan hak suara di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sebesar 77,5 persen.

“Besaran target angka partisipasi masyarakat pada pilkada tahun ini sama seperti dengan target di Pemilihan Presiden RI 2019 lalu, sebesar 77,5 persen,” kata Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Fery Gustaman, di Sukabumi, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya harus diakui, angka partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak pilih di beberapa pemilu terakhir selalu berada di bawah 70 persen. Contohnya pada Pemilihan Gubernur Jabar yang digelar di 2018, hanya memiliki tingkat partisipasi sebesar 64 persen.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan angka partisipasi rendah, yaitu luas wilayah, banyak warga yang tinggal di pelosok, dan bekerja. Namun demikian, diyakini pada Pilkada 2020 angka partisipasi bisa mencapai target, bahkan diyakini lebih.

Meskipun saat ini kondisinya sedang pandemi COVID-19, tetapi diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan hak pilihnya untuk menentukan siapa pasangan calon Bupati-Wabup Sukabumi yang paling layak memimpin kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali tersebut.

Sosialisasi kepada pemilih pemula, masyarakat umum dan kalangan lainnya dilakukan, untuk mengedukasi mereka, bahwa satu suara akan menentukan nasib Kabupaten Sukabumi dalam lima tahun ke depan. Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang baru disahkan oleh KPU Kabupaten Sukabumi, belum lama ini sebanyak 1.816.214 jiwa dengan rincian laki-laki berjumlah 916.120 dan perempuan 900.094 pemilih.

Untuk jumlah TPS sebanyak 5.171 unit yang tersebar di 47 kecamatan yang meliputi 386 kelurahan dan desa. “Tentunya ada aturan pada pelaksanaan pemungutan suara nanti di masa pandemi COVID-19 seperti di lokasi disediakan hand sanitizer dan tempat duduk untuk menunggu giliran mencoblos diatur jaraknya sehingga warga tidak berkerumun,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...