Antisipasi Banjir di Jalan Gaya Motor, Sudin SDA Jakut Siagakan Pompa

Normalisasi saluran penghubung di Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Selasa (12/2) – Foto Dok Ant

JAKARTA – Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, menyiagakan sejumlah pompa, untuk mengantisipasi genangan di Jalan Gaya Motor, Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok.

“Genangan yang terjadi di Jalan Gaya Motor disebabkan melebihnya kapasitas air dari daya tampung saluran,” kata Kasatpel Sudin SDA Tanjung Priok, Deni Tri Handoko, Senin (26/10/2020).

Deni menjelaskan, kontur tanah di lokasi itu berbentuk cekungan. Sehingga memperlambat aliran air. Selain itu, permasalahannya adalah, kapasitas saluran air di Jalan Gaya Motor, tidak dapat menampung limpasan air. Terutama air limpasan dari berbagai arah, seperti dari saluran air di Jalan Yos Sudarso, tol layang dalam kota, hingga pabrik yang berada di kawasan tersebut.

Sudin SDA menyiapkan dua unit pompa stasioner berkapasitas 150 dan 250 liter per detik di Jalan Gaya Motor 1. Sementara di Jalan Gaya Motor 2, disiapkan satu unit pompa berkapasitas 250 liter per detik. Kemudian untuk mempercepat dorongan aliran akan ditempatkan pompa portabel. “Pompa portabel disiagakan saat terjadi genangan untuk mendorong aliran air menuju saluran air penghubung (php) Sunter C yang bermuara di Waduk Cincin,” kata Deni.

Sudin SDA juga melakukan pengerukan saluran air sepanjang 2,8 kilometer, yang ada di Jalan Gaya Motor. Pengerukan akan dimulai pada awal November 2020 mendatang. Kemudian saluran air PHB Sunter C, juga akan dikeruk, untuk menambah daya tampung air dari aliran air Inlet Wisma Nusantara, Metro dan Bisma. Ketiganya merupakan aliran air Inlet termasuk dari Jalan Gaya Motor menuju Waduk Cincin.

“Kami juga sedang mengeruk di aliran air dari Mitra Sunter Boulevard sampai ke depan gedung Nusa Kirana. Aliran air ini juga dibantu Pompa Stasioner Yos Sudarso 1 dan 2 menuju Kali Sunter C,” jelas Deni. (Ant)

Lihat juga...