Awali Kualifikasi Piala Dunia, Uruguay Ungguli Chile

JAKARTA – Uruguay mengawali penampilan di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan dengan kemenangan 2-1 atas Chile, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

La Celeste unggul terlebih dahulu melalui gol penalti Luis Suarez pada menit ke-40. Chile sempat menyamakan kedudukan melalui gol Alexis Sanchez pada menit ke-55, namun Maximiliano Gomez membukukan gol penentu kemenangan untuk Uruguay pada menit ke-90, demikian catatan laman resmi FIFA.

Kemenangan itu membawa Uruguay memuncaki klasemen zona Amerika Selatan dengan sembilan poin, sedangkan Chile terpuruk ke dasar klasemen.

Tuan rumah Uruguay tampil dominan pada babak pertama. Secara statistik mereka mencatatkan 57 persen penguasaan bola, serta empat tembakan ke gawang. Pada periode yang sama, Chile menghasilkan hanya satu tembakan ke gawang.

Tetapi pasukan Oscar Tabarez baru mampu membuka keunggulan menjelang turun minum. Wasit Eber Aquino memberi hadiah penalti kepada Uruguay karena tangan Sebastian Vegas mengenai bola di kotak terlarang.

Suarez yang bertugas sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya, dan membawa Uruguay unggul 1-0 pada babak pertama.

Setelah turun minum, Chile berusaha tampil lebih agresif. Hasilnya mereka dapatkan saat Charles Aranguiz mengirimkan umpan terobosan, yang diselesaikan dengan baik oleh penyerang Inter Milan Alexis Sanchez untuk membukukan gol penyama kedudukan.

Kedua tim kemudian tampil lebih berhati-hati, yang sekaligus membuat mereka kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Sebelum pada fase akhir laga, Gomez mengemas gol penentu kemenangan bagi Uruguay.

Diawali umpan jauh Martin Caceres ke pertahanan Chile. Bola disundul pemain Chile untuk kemudian jatuh ke penguasaan Gomez di luar kotak penalti, ia lantas melepaskan sepakan ke sisi kiri gawang Chile yang tidak dapat diantisipasi kiper Gabriel Arias.

Paraguay Kontra Peru Berakhir Imbang

Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan lainnya yang mempertemukan Paraguay dengan Peru berakhir imbang 2-2.

Penyerang Peru, Andre Carrillo, membawa timnya memimpin terlebih dahulu melalui gol pada menit ke-53. Paraguay kemudian mampu menyamakan kedudukan dan membalikkan keadaan berkat dua gol Angel Romero yang tercipta pada menit ke-66 dan 81.

Carrilo memastikan Peru membawa pulang satu poin dari lawatannya ke Asuncion, saat ia mengemas gol penyama kedudukan pada menit ke-85. (Ant)

Lihat juga...