Bakso ‘Ngangenin’ Resep Tradisional Selera Nusantara

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Inovasi kuliner seolah tak ada habisnya,  tren kuliner baru terus dikembangkan untuk memberikan pembeda dan daya tarik. Hampir tiap waktu ada saja tempat kuliner baru jadi pilihan untuk dicicipi.

Mulai dari makanan tradisional sampai makanan kekinian punya tempat di wilayah Kota Bekasi. Salah satunya adalah Bakso ‘Ngangenin’ dengan menu utama bakso konro dan bakso rendang.

Penasaran dengan rasanya, untuk merasakan sensasi bakso konro dan rendang, maka Anda bisa datang di Jalan Pasar Kranggan No. 31, Jatisampurna, Kecamatan Jatisampurna, di Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Bakso Ngangenin mengusung tagline bakso resep tradisional dengan konsep selera nusantara, makanya menu-menunya representasi dari kuliner nusantara,” ujar Malik Al Fattaah, owner Bakso Ngagenin, kepada Cendanan News, Sabtu (3/10/2020).

Malik Al Fattah, owner Bakso Ngangenin di Kranggan, Kota Bekasi, Sabtu (3/10/2020). -Foto: M. Amin

Dikatakan menu utama yang disajikan ada bakso konro khas Makassar, yakni, konro dimasak dengan bumbu rempah kemudian dibalut bakso. Sehingga sensasi rasanya akan berbeda dan pastinya akan ngangenin.

Selain itu di Bakso Ngangenin ada menu varian lainnya seperti bakso rendang khas Padang. Bakso tersebut isi daging rendang dan menggunakan kuah rendang. Untuk semua menu tersebut dibatasi karena produksinya terbatas.

“Ada menu lainnya selain aneka bakso selera nusantara, ada aneka mie ayam selera nusantara, sampai ke aneka minuman selera nusantara,” tandas Mas Fattah menyebut semua varian nusantara.

Mantan prajurit TNI AL yang mengajukan pensiunan dini tahun lalu tersebut, lebih lanjut mengatakan untuk menu lainnya, juga tersedia bagi yang ingin menikmati kuliner lainnya seperti tersedia mie rendang, juga minuman sinom khas Jawa Timur, selain menu-menu bakso pada umumnya.

“Tidak semua orang suka bakso, dan lazimnya di tempat bakso ada jualan mie, makanya selain bakso ada mie. Tapi, memiliki khas tersendiri,” imbuh Fattah.

Menurutnya, saat ini kondisi omzet diakui tengah menurun, akibat pandemi Covid-19. Tentunya hal tersebut dalamnya jualan ada pasang ada surut, di saat pandemi seperti ini dituntut kesabaran yang tinggi dan juga kreativitas biar usaha tetap bisa eksis.

“Pengabdian dan kecintaan kepada NKRI, saya aplikasikan melalui kuliner. Saat ini, Bakso Ngangenin, bisa dinikmati di berbagai daerah Jabodetabek,”pungkasnya.

Imam Faishal, salah satu pelanggan, mengaku Bakso Ngangenin, memiliki keunikan tersendiri. Karena bisa makan pakai nasi untuk bakso rendang.

“Mungkin hanya di Bankso Ngangenin, bisa merasakan makan bakso rendang pakai nasi. Ini unik, bakso biasanya dicampur mie putih atau kuning, tapi ini bisa makan pakai nasi,” ucap Imam.

Lihat juga...