Baru 20 Desa di Rejang Lebong yang Mengajukan Pencairan Dana Desa Tahap II

Penyaluran BLT Dana Desa di Kabupaten Rejang Lebong – Foto Ant

REJANG LEBONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mencatat, ada 20 dari 122 desa di daerah itu, telah mengajukan permintaan pencairan dana desa (DD) tahap kedua untuk salur II.

Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong, Desma Heryana mengatakan, dana desa tahap kedua yang masih dalam proses pencairan ini adalah untuk penyaluran (salur) II. Diperuntukan bagi pembayaran Bantuan Langsung Tunai (BLT). “Saat ini sudah ada 20 desa yang mengajukan permintaan pencairan dana desa tahap kedua untuk salur dua, jumlah yang mengajukan akan terus bertambah, karena begitu mereka mengajukan langsung kami proses sehingga tidak terjadi antrean dan kerumunan orang,” ujar Desma, Rabu (30/9/2020).

Menurutnya, setelah diproses di PMD, permintaan pencairan dana desa dikirim ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). Sehingga bisa langsung dicairkan dan seterusnya dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Sejauh ini, dari 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong, ada satu desa yang pencairan dana desa tahun anggaran 2020 ditunda sementara. Pencairan untuk Desa Lubuk Kembang di Kecamatan Curup Utara ditunda sementara lantaran adanya permasalahan dalam penyaluran BLT DD tahap pertama salur satu. Saat ini kasusnya ditangani Kejaksaan Rejang Lebong.

Pencairan dana desa tahap kedua sebesar 40 persen ini digunakan untuk penyaluran BLT tambahan tiga bulan, terhitung September-November. Dengan besaran bantuan yang diberikan sebesar Rp300.000 per-Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran tahap kedua DD sebesar 40 persen ini sesuai dengan PMK No.50/2020, tentang Pengelolaan Dana Desa peruntukannya akan dibagi 50 persen untuk kegiatan pembangunan fisik dan 50 persen untuk penanganan dampak COVID-19.

Sebelumnya, dana desa yang diterima 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong di 2020 ini sebesar Rp114 miliar. Kemudian ADD yang bersumber dari APBD Rejang Lebong 2020 sebesar Rp62,483 miliar. Sehingga setiap desa menerima kucuran dana pemerintah paling sedikit Rp731 juta dan terbanyak Rp1,3 miliar. (Ant)

Lihat juga...