Bibit Buah Berkualitas Solusi Lahan Pertanian Terbatas

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Keterbatasan lahan kerap jadi kendala untuk melakukan budidaya tanaman pertanian jenis buah. Solusinya dengan menggunakan media tanam pot jadi pilihan dan bibit buah berkualitas.

Idi Bantara, M.Sc, kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Way Seputih Way Sekampung menyebutkan,  jenis bibit berkualitas yang diperlukan memiliki ciri mudah tumbuh mudah berbuah. Pilihan meliputi durian, nangka mini, jeruk kunci, jambu madu deli, kelengkeng pingpong, jambu jamaica dan jenis buah lain.

“Tanaman pertanian yang cocok dikembangkan dengan skala besar meski memakai pot yang kerap dikembangkan jenis jambu madu deli, jeruk hasilnya bisa membantu ekonomi petani lahan perkotaan karena harganya menjanjikan,” terang Idi Bantara, M.Sc saat dikonfirmasi di Bandar Lampung, Senin (5/10/2020).

Jenis jambu madu deli hijau dan merah bisa diperbanyak dengan tekhnik cangkok. Bermodalkan sekitar sepuluh batang tanaman usia setahun bisa dihasilkan tanaman baru. Proses pencangkokan menghasilkan bibit baru yang cepat berbuah. Hal yang sama juga dilakukan pada tanaman kelengkeng pingpong, jeruk dan alpukat.

Penyediaan bibit tanaman buah sebutnya saat ini banyak disediakan marketplace penjualan bibit tanaman.

“Bibit tanaman yang dijual online saat ini semakin banyak sehingga berbagai jenis bibit bisa diperoleh untuk pengembangan pertanian lahan terbatas,” cetusnya.

Menanam buah dalam pot diakui Idi Bantara memiliki fungsi ganda. Selain menghasilkan buah segar untuk konsumsi keluarga, juga bisa dijual. Keberadaan tanaman buah di halaman rumah sekaligus menjadi sumber oksigen yang berguna untuk menciptakan kesegaran.

Rusminah, warga Sukarame, Bandar Lampung menyebut memilih menanam jeruk peras. Jenis tanaman tersebut dikembangkan dengan menggunakan pot drum. Jeruk peras sudah bisa berbuah saat usia satu tahun. 

“Saat buah mulai matang bisa dijadikan sebagai cadangan pangan buah segar untuk kebutuhan keluarga,” cetusnya.

Berbeda dengan Rusminah, pemanfaatan pekarangan untuk budidaya buah dilakukan oleh Stevani. Warga Kelurahan Bumi Waras Teluk Betung itu memanfaatkan lahan puluhan meter persegi. Jenis tanaman buah jambu madu deli, jambu jamaica dan jeruk kunci. Penggunaan pupuk pada pot sebagai media tanam jadi kunci kesuburan tanaman.

“Saat tanaman mulai berbuah tambahan pupuk akan diberikan jenis pupuk perangsang buah dan pupuk organik,” cetus Stevani.

Buah jambu madu deli miliknya tidak mengenal musim dan berbuah sepanjang waktu. Saat buah yang matang tanaman akan kembali berbunga. Buah jambu madu deli matang di pasaran dijual seharga Rp40.000 hingga Rp50.000 per kilogram.

Lihat juga...