Catur Putra, Dalang Cilik Banyumas Peraih Juara I Festival Dalang Jateng

Editor: Mahadeva

PURWOKERTO – Catur Putra Sinantria, siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Kediri, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, berhasil meraih juara 1 festival dalang bocah tingkat Propinsi Jawa Tengah (Jateng).

Catur, mengaku tidak mengira bisa menyabet juara 1, sebab lawannya yang ikut cukup banyak dan berasal dari berbagai kabupaten dan kota di Jateng. Dalang cilik lainnya juga terlihat piawai dalam memainkan wayang. Senang sekali bisa meraih juara 1, karena peserta lainnya juga bagus-bagus,” tutur bocah, yang mengaku sudah lama menyukai dunia pewayangan ini, Sabtu (31/10/2020).

Untuk mengikuti ajang yang digelar di Taman Budaya Soetedja Semarang, Catur mengaku lebih giat berlatih. Ia membawakan lakon Anoman Obong, yang bercerita tentang perjalanan Anoman dalam menjalankan tugas sebagai utusan Sri Rama. Anoman diminta untuk memastikan keadaan Dewi Shinta, yang diculik oleh Prabu Dasamuka, raja dari Kerajaan Alengka. “Lakon Anoman Obong ini sudah sering dibawakan dan merupakan cerita yang terkenal, sehingga lebih mudah menampilkannya,” kata Catur.

Catur, yang mewakili Kabupaten Banyumas pada Festival Dalang Bocah dalam rangka Hari Wayang Nasional tersebut, bersaing dengan peserta lain dari Koordinator Wilayah Persatuan Pedalanan Indonesia (Pepadi). Mereka berasal dari Banyumas, Pekalongan, Kedu, Solo, Semarang dan Pati. Catur memperoleh nilai 1.566 yang mengungguli peserta lainnya.

Dewan Juri Festival Dalang Bocah yang terdiri dari Widodo BS, Ki Joko Santosa dan Ki Ngabehi Edy Sulistiono, memutuskan Catur menjadi Juara I diikuti wakil dari Solo Raya sebagai Juara II, dan wakil dari Kedu sebagai Juara III. Atas prestasinya, Catur Putra Sinatria berhak maju lomba dalang cilik tingkat nasional, yang akan diselenggarakan pada 7 November mendatang oleh Pepadi Pusat.

Kepala Seksi Nilai Tradisi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Mispan mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan prestasi yang diukir dalang bocah asal Banyumas tersebut.

Menurutnya, keberhasilan Catur dalam ajang yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, kerjasama dengan Pepadi Provinsi Jawa Tengah, merupakan bukti bahwa pembinaan yang dilakukan Pepadi Banyumas berhasil. Prestasi yang berhasil diraih Catur ini, menunjukkan bahwa Pepadi Banyumas semakin aktif bekerja sama secara lintas sektoral. Terutama dalam menggali potensi dan mempersiapkan dalang sejak dini,” pungkasnya.

Lihat juga...