Ciamis Bangun Jalan, Mudahkan Kegiatan Usaha Pertanian

CIAMIS — Pemerintah Kabupaten Ciamis membangun jalan sejauh 700 meter untuk memudahkan petani dalam melakukan kegiatan bertani termasuk mengangkut hasil pertanian ke jalan raya agar lebih cepat dan memberikan keuntungan yang besar di Desa Werasari, Kecamatan Sadananya, Ciamis, Jawa Barat.

“Alhamdulillah apa yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Sumber Ladang Andalan hari ini telah sejalan dengan visi Kabupaten Ciamis yakni mantapnya kemandirian ekonomi dan sejahtera untuk semua,” kata Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat menghadiri acara awal pembangunan jalan di Desa Werasari, Ciamis, Sabtu (3/10/2020).

Ia menuturkan, Kabupaten Ciamis merupakan wilayah tanah pertanian dan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani, sehingga menjadi perhatian pemerintah untuk terus mendukung sektor pertanian.

Salah satunya, kata dia, wilayah Pasirboma, Desa Werasari, Kecamatan Sadananya yang membutuhkan akses jalan untuk menunjang kegiatan pertanian di lahan seluas 24 hektare.

“Diharapkan dengan lahan pertanian seluas 24 hektare ini bisa diberdayakan, sehingga memiliki nilai tambah untuk perbaikan kehidupan bagi warga masyarakat,” kata Yana.

Ia menyampaikan, pemerintah terus berupaya memperhatikan sektor pertanian, karena selama ini pertanian telah memberikan kontribusi yang tinggi dalam membangun perekonomian daerah.

Pemerintah daerah, kata Yana, pada program 2020 merealisasikan visi misi dalam mengembangkan sektor pertanian, namun menghadapi kendala yang anggarannya harus dialihkan untuk penanganan COVID-19.

“Seharusnya tahun ini kita lari untuk realisasi visi misi, akan tetapi menjadi terhambat karena anggarannya dipergunakan untuk penanganan COVID-19 yang dampaknya telah meluas ke seluruh sektor,” kata Yana.

Meski ada kendala, kata Yana, pihaknya akan terus berusaha memprioritaskan penggunaan anggaran untuk pemulihan ekonomi, salah satunya mengembangkan sektor pertanian.

“Komitmen kami akan menjadi prioritas dan agar tidak sungkan-sungkan untuk berkomunikasi dengan dinas pertanian, karena sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang bertahan di tengah COVID-19,” katanya.

Ketua Kelompok Tani Sumber Ladang Andalan, Kasman menyampaikan terima kasih adanya perhatian dari pemerintah daerah dengan merealisasikan pembangunan jalan tani.

“Jalan yang akan dibangun sejauh 700 meter dengan tujuan mempermudah akses,” katanya. (Ant)

Lihat juga...