Damandiri Gelontorkan Rp70 Juta untuk Modal Tanam Melon, Semangka dan Pakcoy

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANYUMAS — Yayasan Damandiri melalui Koperasi Bangun Sejahtera Mandiri (KBSM) menggelontorkan modal sebesar Rp 70 juta untuk menanam melon, semangka dan pakcoy atau sawi bangkok di demplot Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Modal tersebut sudah untuk alokasi mulai dari pengolahan lahan, tanam hingga panen.

Officer Development Program (ODP) bidang pertanian di demplot Cilongok, Mohammad Choirul Anwar di kantornya, Selasa (6/10/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Officer Development Program (ODP) KBSM bidang pertanian, Mohammad Choirul Anwar mengatakan, pengerjaan tiga project tanaman tersebut dilakukan oleh pihak ketiga bekerjasama dengan koperasi.

“Untuk dana seluruhnya dikelola oleh pihak ketiga, termasuk hitungan keuntungan dan sebagainya. Sistemnya bagi hasil, sehingga mulai dari pengadaan bibit tanaman hingga penjualan pascapanen semua dilakukan pihak ketiga. kita hanya memberikan modal awal dan menyertakan tiga pegawai kita saja untuk ikut merawat tanaman,” jelasnya, Rabu (7/10/2020).

Menurut Choirul, untuk demplot maka tanaman-tanaman yang tersedia haruslah yang terbaik, karena itu pihaknya menggandeng pihak ketiga yang ahli di bidangnya.

“Misalnya tanaman cabai kemarin, terpaksa tidak sampai panen, karena pertumbuhan tanaman kurang bagus dan sekarang lahan cabai sudah kita jadikan lahan tanaman melon,” tuturnya.

Sedangkan untuk tanaman sawi bangkok, ada 3.000 tanaman yang akan ditanam, namun sekarang baru separuh yang selesai. Sisanya masih dalam pembuatan lubang tanaman dan pengolahan tanah.

Tanaman pakcoy sendiri merupakan jenis sayuran yang mudah tumbuh dan bernilai ekonomis. Waktu menanam hingga panen juga tidak lama, hanya sekitar 2 bulan saja. Dengan catatan tanah yang dipergunakan sebagai media tanam harus subur dan gembur serta tidak tergenang air, serta cukup mendapatkan sinar matahari.

Sementara itu, salah satu pekerja yang turut dalam budidaya melon, semangka dna pakcoy, Syahbani mengatakan, untuk pemilihan bibit pakcoy dipilih yang kualitasnya terbaik, supaya tahan terhadap serangan hama.

“Sebelumnya tanah sudah digemburkan terlebih dahulu dan setelah bibit disemai serta tumbuh 1-2 daun baru dipindahkan ke lahan,” terangnya.

Selain pakcoy, pada lahan pertanian di demplot Cilongok juga ditanami melon sebanyak 2.408 pohon dan semangka sebanyak 1.200 pohon. Ada dua jenis melon yang ditanam yaitu melon goden dan melon import. Usia tanaman sekarang sudah masuk sekitar satu minggu lebih.

Untuk penanaman pakcoy, melon dan semangka, pada lapisan tanah diberi mulsa plastik, yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan gulma di sekitar tanaman. Sehingga nutrisi atau pupuk yang diberikan bisa maksimal diserap oleh tanaman.

Lihat juga...