DCML Cilongok Rintis Budidaya Ikan Nila

Editor: Makmun Hidayat

BANYUMAS — Setelah sukses dengan budidaya lele, saat ini Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas tengah merintis untuk budidaya ikan nila.

Dipilihnya ikan nila ini, karena memiliki nilai ekonomis tinggi, di mana satu kilogram ikan nila seharga  Rp 26.000. Selain itu, pasaran ikan nila juga luas, karena cukup diminati masyarakat.

Officer Development Program (ODP) Koperasi Bangun Sejahtera Mandiri (KBSM) bidang perikanan, Faozan Syafrudien mengatakan, untuk budidaya awal, pihaknya membeli bibit nila sebanyak 5.000 ekor. Ikan nila tersebut dibeli dari pasar lokal Banyumas saja.

“Ikan nila itu nilai ekonomisnya lebih tinggi dibandingkan dengan lele, kalau lele hanya Rp 16.000 per kilogram, ikan nila bisa mencapai Rp 26.000 per kilogram, karena itu separuh kolam di demplot ini akan kita manfaatkan untuk budidaya ikan nila. Kita sudah pesan bibit nila sebanyak 5.000 ekor,” terangnya, Jumat (9/10/2020).

Menurut Faozan, bibit ikan nila akan didatangkan ke demplot minggu depan. Pihaknya sudah menyiapkan sebagian kolam yang akan dipergunakan untuk budidaya ikan nila. Satu kolam kurang-lebih bisa menampung 100 ekor bibit nila dan untuk kolam yang berukuran besar bisa menampung hingga  2.000 ekor bibit ikan nila.

Untuk bibit ikan nila ini diberi yang berukuran 507 centimeter, dengan harga Rp 100 per ekor. Sehingga untuk pembelian bibit ikan nila dikeluarkan modal awal Rp 500.000.

“Ikan nila ini untuk bisa dipanen sampai usia sekitar 3-4 bulan, hampir sama dengan lele, untuk bibit kita pilih yang ukurannya 57 centimeter,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pekerja di dapur komunal Cilongok yang membantu budidaya ikan nila, Arif Miftahudin mengatakan, untuk anakan ikan nila yang ukuran 5-7 centimeter, makanannya masih kutu air. Setelah mencapai ukuran lebih besar, baru diberikan pakan pelet.

“Kutu air ini biasa digunakan untuk pakan ikan yang masih kecil-kecil, sebab kandungan nutrisinya tinggi dan sangat dibutuhkan untuk ikan-ikan yang kecil,” katanya.

Kutu air merupakan pakan ikan yang alami yang sangat membantu proses pertumbuhan ikan. Dengan kandungan nutrisi yang banyak, maka kutu air sekaligus juga membantu daya tahan ikan selama masa pengembangbiakan.

Dengan adanya penambahan budidaya ikan nila ini, maka di demplot Cilongok, ada dua usaha budidaya perikanan yaitu lele dan ikan nila. Puluhan kolam tempat budidaya terletak dalam satu lokasi dan juga ada beberapa kolam bioflok yang dipergunakan untuk budidaya lele.

Lihat juga...