Demplot Cilongok Mulai Budidaya Melon

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANYUMAS — Demplot Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Cilongok di Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas saat ini sudah mulai melakukan budidaya melon. Ada dua jenis yang ditanam yaitu golden dan  import.

Officer Development Program (ODP) bidang pertanian di demplot Cilongok, Mohammad Choirul Anwar di kantornya, Selasa (6/10/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Officer Development Program (ODP) bidang pertanian, Mohammad Choirul Anwar mengatakan, penanaman melon sudah dilakukan minggu kemarin. Ada sebanyak 2.408 pohon yang ditanam pada lahan seluas 2.200 meter persegi.

“Sekarang usia tanaman melon baru sekitar satu minggu dan sejauh ini pertumbuhannya bagus, meskipun cuaca sekarang sering hujan. Karena kami dibantu oleh orang yang ahli di bidang melon,” jelas Choirul kepada Cendana News, Selasa (6/10/2020).

Selain tanaman melon, pada area demplot juga ditanami semangka dan pakcoy atau caisim bangkok. Untuk semangka ada 1.200 pohon yang ditanam dan untuk pakcoy, sementara baru ditanam 1.500 pohon. Nantinya akan ada penambahan lagi.

Seluruh proses penanaman melon, semangka dan pakcoy ini dilakukan dengan menggandeng ahli pertanian lokal yang sudah teruji.

“Project melon, semangka dan pakcoy ini ditangani oleh Pak Anton, yang merupakan ahli melon dari Cilongok. Ia membawa dua orang pekerja dan dari pihak kita ada tiga pekerja yang dilibatkan. Mereka ini sambil belajar budidaya melon,” kata Choirul.

Penanaman melon ini pada lapisan tanah diberi mulsa plastik, yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan gulma di sekitar tanaman. Sehingga nutrisi atau pupuk yang diberikan bisa maksimal diserap oleh tanaman.

Lebih lanjut Choirul menjelaskan, tanaman melon memang biasanya ditanam pada lahan kering, karena memang pertumbuhan melon lebih maksimal di lahan kering. Namun, sejak ditanam, di wilayah Banyumas dan sekitarnya terus turun hujan, sehingga kondisi tanah basah.

“Beruntung project melon kita ditangani yang memang ahli di bidangnya, sehingga bisa diatasi dengan cepat, tanaman melon tetap tumbuh sesuai target meski diguyur hujan terus-menerus,” katanya.

Untuk bibit melon, selain menggunakan bibit melon golden, juga ada benih impor dari Korea. Tanaman melon ini bisa dipanen setelah memasuki usia 3 bulan, diperkirakan hasil panen per pohon bisa sampai 3-4 biji melon.

Salah satu pekerja yang mengurus tanaman melon dari demplot, Syahbani mengatakan, sebelumnya ia sama sekali tidak paham tentang budidaya melon. Namun, secara perlahan ia belajar dari pekerja proyek melon.

“Dua orang anak buah Pak Anton yang ditempatkan di demplot ini terus mengajari kita, sehingga sedikit-demi sedikit kita mulai paham tentang budidaya melon,” tuturnya.

Lihat juga...