Dortmund Menangi Derby Lembah Ruhr 3-0

JAKARTA – Borussia Dortmund memenangi Derby Lembah Ruhr, setelah memukul Schalke 04 dengan skor 3-0, pada pertandingan putaran kelima Liga Jerman. Laga berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (24/10/2020) waktu setempat atau Minggu (25/10/2020) dinihari WIB.

Ketiga gol kemenangan Dortmund tercipta setelah turun minum. Manuel Akanji memecah kebuntuan melalui golnya pada menit ke-55, Erling Haaland menggandakan keunggulan timnya enam menit kemudian. Dan Mats Hummels menutup kemenangan Dortmund melalui golnya pada menit ke-78.

Hasil itu tak mengubah posisi Dortmund, yang ada di tempat ketiga klasemen dengan koleksi 12 poin. Sedangkan Schalke (1) masih terpatri di urutan ke-17. Babak pertama pertemuan kedua tim berlangsung sengit, meski tidak berbuah gol sama sekali. Peluang terbaik dimiliki Dortmund melalui sepakan jarak jauh Mahmoud Dahoud, namun bola masih mengenai mistar gawang. Kiper Schalke, Frederik Ronnow, juga hanya melakukan dua penyelamatan sebelum turun minum.

Dortmund terus menggempur pada babak kedua, dan bek Schalke Salif Sane, hampir memecah kebuntuan melalui sundulannya ke arah gawangnya sendiri. Namun peluang tersebut hanya menghasilkan tendangan sudut. Dari tendangan sudut itu, Dortmund mengemas gol pertamanya. Raphael Guerrero bekerja sama dengan Julian Brandt, dan sepakan voli yang dilepaskan Guerreiro dapat ditepis Ronnow. Bola pantul kemudian disambar Akanji untuk masuk ke gawang Schalke.

Setelah itu, Dortmund menggandakan keunggulan. Haaland menerima operan Jadon Sancho, dan mencungkil bola melewati Ronnow, yang berusaha menutup ruang tembak. Namun, Haaland gagal membukukan gol keduanya, setelah sepakannya dapat dibendung Ronnow. Gol ketiga Dortmund lahir dari sundulan Hummels yang memanfaatkan tendangan sudut Guerreiro. Gol Hummels tersebut sekaligus merupakan gol ke-19, yang telah bersarang di gawang Schalke pada liga musim ini. (Ant)

Lihat juga...