Dua Gol Jack Brown Bawa Timnas U-19 Menang 4-1 atas Macedonia Utara

Pelatih fisik tim nasional U-19 Lee Jae-hong menyemangati timnya – Foto Ant

JAKARTA – Dua gol pemain klub Lincoln City, Jack Brown, membawa timnas U-19 Indonesia menundukkan Macedonia Utara 4-1, dalam laga uji coba di Stadion NK Junak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020) waktu setempat.

Witan Sulaeman dan Irfan Jauhari, menjadi pencetak gol lainnya bagi Timnas U 19. Sedangkan gol Macedonia Utara, datang dari titik penalti yang dieksekusi Dimitar Todorovski. Jack Brown, yang berdarah Inggris-Indonesia, masuk menggantikan Braif Fatari, yang cedera sebelum laga pada menit ke-20. Masuk ketika Indonesia tengah unggul 1-0, berkat gol Witan Sulaeman pada menit ke-12. Witan melesakkan bola ke dalam gawang dengan kaki kirinya, setelah memanfaatkan umpan dari Braif Fatari.

Tim asuhan Shin Tae-yong, terlihat menguasai pertandingan pada babak pertama. Namun pada babak kedua, Macedonia Utara menyamakan kedudukan, dari sepakan penalti Todorovski setelah Amiruddin Bagas membuat pelanggaran di kotak terlarang. Tendangan 12 pas ini sempat diulang. Pada kesempatan pertama, bola ditepis oleh kiper Muhammad Adi Satryo, tetapi wasit menganggap beberapa pemain Indonesia masuk kotak penalti sebelum bola ditendang.

Jack Brown akhirnya menggandakan kedudukan pada menit ke-58, setelah menuntaskan peluang dari kemelut di depan gawang lawan. Sebelas menit kemudian Jack Brown kembali membuat gol, setelah memanfaatkan umpan silang mendatar dari Amiruddin Bagas.

Pada menit ke-83, Irfan Jauhari mencatatkan namanya di papan skor, setelah melanjutkan bola pantul dari kiper hasil tendangan jarak jauh Beckham Putra. Kedudukan 4-1 bertahan sampai laga usai ketika Macedonia Utara tidak bisa menciptakan lagi gol berkat disiplinnya pertahanan Indonesia, yang dikawal Elkan Baggott dan Rizky Ridho. Elkan Baggott bermain penuh dalam pertandingan yang menjadi debutnya selama timnas U-19 berlatih di Kroasia.

Ini adalah kemenangan keempat timnas U-19 dari sembilan laga uji coba di Kroasia, setelah menaklukkan Qatar, Dinamo Zagreb dan NK Dugopolje. Timnas U-19 akan melawan lagi Macedonia Utara pada Rabu 14 Oktober. (Ant)

Lihat juga...