Everton Hantam Tamunya Brighton 4-2

JAKARTA — Everton menghantam tamunya Brighton & Hove Albion dengan skor 4-2 dalam laga pekan keempat Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Sabtu, menyamai torehan setengah abad silam.

Hasil itu melanjutkan catatan sapu bersih kemenangan Everton dalam empat pertandingan pertamanya di Liga Inggris musim ini, menyamai raihan serupa yang terakhir kali dilakukan pada awal musim 1969/70.

Raihan 12 poin penuh membuat Everton kembali bercokol di puncak klasemen, menggusur Leicester City (9) yang baru bermain Minggu (4/10). Sedangkan Brighton (3) kini melorot ke urutan ke-14, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Dominic Calvert-Lewin membuka keunggulan Everton pada menit ke-16 menanduk umpan silang Gylfi Sigurdsson.

Gol itu membuat Calvert-Lewin jadi pemain Everton pertama yang mencetak gol dalam empat pertandingan pertama di sebuah musim Liga Premier Inggris.

Pada menit ke-28, terjadi satu-satunya hal yang mengkhawatirkan dari penampilan Everton di pertandingan kali ini, yakni Richarlison harus ditarik keluar digantikan Alex Iwobi karena cedera setelah dijegal Tariq Lamptey.

Kiper Jordan Pickford sempat melakukan blunder pada menit ke-41 ketika ia gagal mengendalikan bola umpan silang kiriman Leandro Trossard dan si kulit bundar malah disambar Neal Maupay untuk membuat kedudukan imbang 1-1.

Beruntung pada menit kedua injury time, Everton mampu merestorasi keunggulan mereka ketika tendangan bebas James Rodriguez bisa disambut sundulan tajam Yerry Mina untuk membuat kedudukan menjadi 2-1 saat turun minum.

Tujuh menit memasuki babak kedua, James bergantian mencatatkan namanya di papan skor ketika ia mencetak gol akrobatis menyelesaikan umpan tarik Iwobi membuat Everton unggul 3-1 atas Brighton.

Pickford kembali melakukan blunder pada menit ke-67 ketika mengantisipasi umpan silang dengan meninju bola yang jatuh ke depan gawang, beruntun rekan-rekannya bisa meredam bahaya yang mungkin terjadi.

James mencetak gol keduanya pada menit ke-70 memanfaatkan umpan lambung Abdoulaye Doucoure yang sudah memperdaya kiper Mathew Ryan dan James tinggal menceploskan bola ke gawang.

Kendati sudah tertinggal jauh, Brighton terusaha bangkit, sayang buah perjuangan mereka terlambat datang dan baru lahir pada menit kedua injury time lewat tembakan jarak jauh Yves Bissouma membuat skor akhir pertandingan jadi 4-2 untuk kemenangan Everton.

Liga Inggris akan memasuki jeda internasional selama dua pekan sebelum Everton dan Brighton kembali bertanding. Brighton akan bertandang ke markas Crystal Palace pada Minggu (18/10), sehari setelah Everton menjamu Liverpool dalam Derby Merseyside pertama musim ini.

Susunan pemain:

Everton (4-3-3): Jordan Pickford; Seamus Coleman (Fabian Delph), Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne; Abdoulaye Doucoure, Tom Davies, Gylfi Sigurdsson; James Rodriguez (Theo Walcott), Dominic Calvert-Lewin, Richarlison (Alex Iwobi)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Brighton & Hove Albion (3-4-2-1): Mathew Ryan; Ben White, Lewis Dunk, Adam Webster; Tariq Lamptey (Joel Veltman), Yves Bissouma, Steven Alzate (Pascal Gross), Solomon March; Leandro Trossard, Neal Maupay; Aaron Connolly (Adam Lallana)
Pelatih: Graham Potter (Ant)

Lihat juga...