French Open 2020, Djokovic Lewati Galan dan Lolos ke-16 Besar

Petenis Serbia, Novak Djokovic, memenangi pertandingan babak ketiganya atas petenis Kolombia Daniel Elahi Galan Riveros di Roland Garros, Paris, Prancis – Foto Ant

JAKARTA – Unggulan utama, Novak Djokovic, menang mudah 6-0 6-3 6-2 atas petenis Kolombia, Daniel Galan, guna mencapai 16 besar tahun kesebelas berturut-turut, Sabtu (3/10/2020) waktu setempat atau Minggu (4/10/2020) WIB.

Petenis berusia 33 tahun itu bukan tandingan lawan dari petenis berperingkat 153 tersebut. Dan bahkan memiliki waktu untuk menggandakan sapuannya, setelah pertandingan dihentikan sejenak karena hujan. Djokovic, seperti juara 12 kali Rafa Nadal, mencapai babak keempat tanpa kehilangan satu set pun. Dan akan ditantang petenis Rusia, Karen Khachanov, di babak berikutnya.

Petenis Serbia itu memenangkan set pertamanya dalam waktu 28 menit, dan dia memimpin 2-0 setelah merebut set kedua yang memperlihatkannya hampir pasti memenangkan laga. Galan sempat bangkit dan mendapatkan dukungan dari segelintir penonton, Court Philippe Chatrier, sampai kemudian hujan menghentikan sementara pertandingan.

Djokovic yang memburu gelar keduanya di Roland Garros dan gelar Grand Slam ke-18, menyelamatkan empat break point, pada set penentuan sebelum menuntaskan kemenangan ke-71 dalam pertandingan French Open. Sebuah capaian yang melampaui perolehan Roger Federer, namun masih di bawah Nadal, yang 96 kali memenangkan laga turnamen Grand Slam di Prancis ini.

Petenis Amerika Serikat, Sofia Kenin, saat berlaga di French Open- Foto Ant

Sementara itu, petenis Amerika Serikat, Sofia Kenin, lolos ke babak keempat French Open 2020, setelah mengalahkan petenis kualifikasi asal Rumania, Irina Bara, 6-2, 6-0 di babak ketiga. Juara Australia Open itu sempat tertinggal dua gim di set pertama, sebelum berakselerasi dan memenangkan 12 gim yang tersisa untuk mencapai babak 16 besar di Roland Garros untuk kedua kalinya. “Pertandingannya tidak terlalu dramatis, yang mana membuatku cukup senang. Aku lelah dengan pertandingan yang dramatis. Aku hanya ingin memulai dengan baik dan menyelesaikannya dengan baik pula,” kata Kenin usai laga.

Bara mengambil peluangnya sejak awal dan mematahkan servis untuk unggul 2-0. Tetapi harapannya untuk mendapatkan kemenangan besar tidak berlangsung lama saat Kenin membalas ketertinggalannya. Kemenangan dua set langsung merupakan peningkatan besar pada dua pertandingan pertama Kenin. “Senang rasanya mendapatkan 12 gim poin berturut-turut, aku harus akui itu. Tapi tentu saja, menjelang akhir aku sedikit ceroboh. Aku melakukan drop shot menjelang akhir seperti hanya untuk bersenang-senang,” tuturnya.

Setelah US Open yang mengecewakan dua pekan lalu, di mana dia tersingkir di babak keempat oleh Elise Mertens dari Belgia, petenis berusia 21 tahun itu tampaknya telah berhasil sejauh ini di Paris. Kenin berpotensi menghadapi petenis Rumania untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, jika Patricia Maria Tig mengalahkan petenis tuan rumah, Fiona Ferro, di babak ketiga. (Ant)

Lihat juga...