Georgia, Finalis Playoff Kualifikasi Euro Pertama

Penyerang tim nasional Georgia, Tornike Okriashvili, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Belarusia dalam semifinal playoff kualifikasi EURO 2020 di Stadion Boris Paichadze, Tbilisi, Georgia, Kamis (8/10/2020) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Tim nasional Georgia, mengalahkan Belarusia 1-0, untuk menjadi negara pertama yang mengunci status sebagai finalis fase playoff kualifikasi EURO 2020.

Menjamu Belarusia di Stadion Boris Paichadze, Tbilisi, Kamis (8/10/2020) waktu setempat atau Jumat (9/10/2020) dinihari WIB, Georgia menang dalam semifinal playoff Jalur D, berkat gol tunggal Tornike Okriashvili lewat titik putih. Okriashvili, sebelumnya dijatuhkan oleh Nikolay Zolotov saat memasuki kotak penalti Belarusia, menandai awal pertandingan yang bagus bagi Georgia. Keunggulan itu mampu dipertahankan Georgia hingga turun minum, di tengah penampilan yang tampak tak bergairah dari para pemain Belarusia.

Pada menit ke-64, Belarusia memperoleh peluang bagus untuk menyamakan kedudukan, ketika Maksim Skavysh merangsek dari sektor sayap dan mengirim umpan tarik. Sayang tembakan sentuhan pertama Dmitri Podstrelov melambung di atas mistar gawang.

Upaya Belarusia untuk bangkit sukses diredam oleh Georgia, yang memastikan skor 1-0 bertahan hingga peluit tanda bubaran. Kemenangan itu sekaligus melanjutkan tren positif Georgia. sebagai tim dengan catatan terbaik di UEFA Nations League 2018/19, lewat koleksi lima kemenangan dan satu hasil imbang.

Georgia akan menunggu pemenang semifinal lain, antara Makedonia Utara kontra Kosovo. Baik Georgia, maupun tim-tim lain yang berada di Jalur D, bakal memperoleh kesempatan melakoni debut di putaran final sebuah turnamen internasional dalam EURO tahun depan. (Ant)

Lihat juga...