Gorontalo Utara Bangun Desa Wisata Klaster Ikan Asin

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin (kemeja ungu), saat berkunjung di Dusun Malagoso, Desa Dumolodo, Kecamatan Gentuma Raya, Minggu (25/10/2020) – Foto Ant

GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, membangun desa wisata klaster ikan asin, yang memiliki sebutan lokal ikan garam.

“Mungkin belum terdengar akrab di telinga publik, ada desa wisata klaster ikan asin,” tutur Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Minggu (25/10/2020).

Di wilayah timur kabupaten Gorontalo, tepatnya di Desa Dumolodo, Kecamatan Gentuma Raya, ada Dusun Malagoso yang ditetapkan menjadi salah satu desa potensial dan destinasi desa wisata unggulan. Pantai Malagoso adalah salah satu destinasi wisata pantai menarik di Kecamatan Gentuma Raya. Desa tersebut memiliki daya tarik ekonomi, yaitu produk kerajinan ikan. Warga mengeringkan ikan dengan cara dijemur di tepi pantai.

Kualitas produknya diklaim cukup baik, dan mampu menyuplai permintaan pasar dari dalam dan luar Gorontalo. “Desa wisata tersebut memang masih didominasi pengunjung lokal, khususnya sore hari,” tandasnya.

Dan saat ini, pembangunan infrastruktur oleh pihak Kementerian PUPR melalui Balai Sungai Wilayah II Provinsi Gorontalo, berupa tanggul pengaman tepi pantai, menambah ketertarikan warga untuk datang ke desa tersebut.  Pemkab optimistis, desa tersebut dapat ditingkatkan menjadi desa wisata, yang berpotensi menarik wisatawan lokal dan nusantara berdatangan.

“Beruntung, telah dibangun tanggul pengaman yang dapat multifungsi, baik dimanfaatkan sebagai pengaman dari abrasi, juga tempat bersantai para pengunjung, termasuk masyarakat lokal untuk menghilangkan lelah dengan bersantai duduk-duduk di sore hari menikmati terbenamnya mentari atau sunset, juga menunjang aktivitas pengeringan ikan asin,” ungkapnya.

Pemkab berharap, pembangunan infrastruktur tersebut dapat segera tuntas. Sedangkan pembangunan yang sama dapat terealisasi di titik-titik potensial, mengingat panjang pantai di daerah itu, mencapai 317,2 kilometer. (Ant)

Lihat juga...