Gugus Tugas Dibubarkan, Camat di Mukomuko Bentuk Satgas Penanganan COVID-19

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko mengecek lokasi isolasi pasien COVID-19 – Foto Ant

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menugaskan seluruh camat, membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19. Pembentukan dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada di wilayah masing-masing.

“Plt bupati telah mengumpulkan seluruh camat dan meminta mereka membentuk satuan tugas penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayanya masing-masing,” kata Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Pemkab Mukomuko, Bustam Bustomo, Sabtu (10/10/2020).

Satgas akan menjadi pengganti Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, yang telah dibubarkan oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Camat membentuk satgas penanganan COVID-19 di tingkat kecamatan, dengan menerbitkan Surat Keputusan (SK) keanggotaan satgas tersebut.

Snggota satgas tersebut terdiri dari camat, Koramil, Kapolsek serta berbagai unsur mulai dari Puskesmas, Kantor Urusan Agama (KUA) dan sumber daya manusia yang ada di kecamatan tersebut. “Kita meminta agar camat secepatnya membentuk satgas, supaya satgas kabupaten bisa segera koordinasi terkait dengan penanganan masalah COVID-19 di daerah. Dan semua permasalahan berkaitan dengan COVID-19 menjadi cepat tertangani, dan orang desa bisa melapor ke satgas ini,” jelasnya.

Selanjutnya, camat meneruskan kebijakan ini dengan meminta semua desa di wilayahnya untuk membentuk satgas penanganan COVID-19 di tingkat desa. Pembentukan satgas penanganan COVID-19 mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa, agar penanganan COVID-19 terintegrasi, dan semua pihak terkait bisa terlibat satu komando. Sedangkan anggaran untuk membiayai berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh satgas penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko hingga kecamatan dan desa bersumber dari APBD. (Ant)

Lihat juga...