Haas Belum Menghincar Ilott untuk Musim 2021

Pebalap tim Haas, Kevin Magnussen, di Grand Prix Rusia, Sochi Autodrom. (25/9/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Callum Ilott, akan menjalani debut sesi latihan bebas Formula 1 bersama Haas, pada Jumat (10/10/2020) di Nurburgring, Jerman. Namunm pebalap Inggris itu belum masuk ke daftar pebalap yang diincar tim tersebut untuk balapan musim depan.

Ilott, saat ini menduduki peringkat dua klasemen Formula 2, di bawah Mick Schumacher, sesama rekan di akademi pebalap Ferrari. Keduanya akan ambil bagian di sesi latihan GP Eifel bersama Alfa Romeo di sirkuit Jerman tersebut. Haas, yang menggunakan power unit dari Ferrari, memiliki bangku kosong untuk musim 2021, ketika kedua pebalapnya, Romain Grosjean dan Kevin Magnussen, akan habis masa kontraknya di akhir tahun ini. Namun, banyak kandidat yang bisa menggantikan para pebalap yang cukup senior itu.

Kepala tim Haas, Guenther Steiner berharap, Ilott akan menggunakan mobil Grosjean di sesi latihan bebas pertama pada Jumat (9/10/2020), tidak berusaha untuk mengesankan tim. “Dia belum berada di daftar sekarang, mungkin dia ada di daftar besok. Saya tidak tahu itu, tapi itu tidak tergantung dari hasil FP1,” kata Stenier, Kamis (8/10/2020).

Guenther mengatakan, jika ia belum tahu rencana pasti dari Ferrari, yang memberi kesempatan kepada pebalap junior mereka debut di sesi latihan F1. “Saya tidak tahu rencana mereka terhadap dia di masa depan,” tandasnya.

Meski demikian, Guenther terkesan dengan perjuangan Ilott yang mampu membawanya ke peringkat dua klasemen di Formula 2, dan itu dinilainya Ilott cukup bagus. Stenier, sebelumnya mengatakan, siapapun yang menjadi pebalap Haas pada 2021, harus tetap bersama tim itu di musim selanjutnya di mana perombakan regulasi besar-besaran diterapkan di Formula 1.

Pebalap Racing Point, Sergio Perez, yang bakal digeser oleh Sebastian Vettel setelah akhir tahun ini, bisa menjadi kandidat Haas bersama Nico Hulkenberg, yang tahun ini gagal mengamankan bangku setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh Renault tahun lalu. Ketika ditanya kemungkinan memiliki susunan pebalap rookie, Steiner menjawab semua kemungkinan bisa terjadi. (Ant)

Lihat juga...