Hadapi Libur Panjang, Pengelola JTTS Siapkan 9 ‘Rest Area’

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menyiapkan sejumlah fasilitas dalam menghadapi libur panjang 28-31 Oktober 2020.

Hanung Haninditio, Kepala Cabang PT HK menyebut menyiapkan sebanyak 9 rest area dari total sebanyak 17 test area di ruas Bakauheni-Terbanggibesar hingga Sumatera Selatan. Rest area tersebut dilengkapi dengan tempat istirahat, toilet, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), musala.

Sejumlah rest area yang dioperasionalkan berada di KM 20B,KM 87A,KM 87B,KM 116 A,KM 116B, KM 172B,KM 215B dan KM 234B,KM 253. Sesuai dengan koordinasi bersama Polda Lampung, Hanung Hanindito menyebut sejumlah rest area menjadi tempat untuk mengurai kemacetan. Selain itu koordinasi dengan ASDP Bakauheni rest area dipergunakan untuk penjualan tiket online kapal laut.

Sejumlah rest area sebutnya sudah memiliki SPBU permanen yang dibuat oleh PT Pertamina. Penyiapan SPBU dan fasilitas lain untuk memberi kenyamanan bagi para pengguna jasa asal Pulau Jawa tujuan Sumatera dan sebaliknya. Selain pemudik yang akan pulang kampung HK selalu pengelola tol mengantisipasi wisatawan yang akan datang ke Lampung saat libur panjang.

“Sejumlah pihak ikut terlibat untuk penyiapan fasilitas Tol Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggibesar Lampung hingga ke Sumatera Selatan agar pengguna jasa bisa terlayani dengan baik,” terang Hanung Haninditio saat dikonfirmasi Cendana News di Bakauheni, Selasa (27/10/2020).

Hanung Haninditio, saat dikonfirmasi di Bakauheni, Selasa (27/10/2020). -Foto Henk Widi

Antisipasi kemacetan sebut Hanung Hanindito dilakukan pada gerbang tol krusial. Sejumlah gerbang tol krusial di antaranya terkoneksi dengan destinasi wisata yang ada di Lampung Selatan. Gerbang tol yang disiapkan meliputi gerbang tol Kotabaru di Jati Agung dan gerbang tol Sidomulyo dan Kalianda. Ketiga gerbang tol tersebut berpotensi alami kemacetan oleh pengguna jasa yang akan berlibur.

Ia menganjurkan kepada pengguna jalan tol Trans Sumatera bisa memanfaatkan fasilitas rest area yang ada. Sebab jarak antar rest area bisa mencapai lebih dari 10 kilometer. Rest area bisa dimanfaatkan oleh pengendara dengan mobil pribadi,bus dan angkutan logistik. Sebab selain mengisi bahan bakar, istirahat, rest area dilengkapi dengan fasilitas isi ulang saldo uang elektronik.

“Bagi pengguna jalan tol yang saldo uang elektroniknya kurang bisa melalukan top up di rest area termasuk membeli tiket kapal secara online,” bebernya.

Antisipasi terjadinya stagnasi saat libur panjang, HK sebut Hanung Haninditio telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Lampung. Sejumlah skenario untuk pengalihan kendaraan dari jalan tol ke Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) telah disiapkan. Rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan pada pintu masuk menuju Pelabuhan Bakauheni yang potensi alami kemacetan.

Bagi pengguna jasa tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar hingga Palembang,Hanung Haninditio meminta untuk mengunduh HK Toll Apps. Aplikasi tersebut ungkapnya disiapkan untuk peningkatan pelayanan pengguna tol. Layanan HK Toll Apps dapat diunduh di Pyastore bagi pengguna android. Sejumlah fitur bisa dimanfaatkan pengguna yang akan melintas di jalan tol.

“Fitur yang bisa diakses pengguna meliputi rest area, fasilitas sekitar tol, live streaming CCTV Tol,peta dan layanan call center jalan tol jika ada kendala,” bebernya.

Keuntungan memakai aplikasi itu ungkap Hanung Haninditio kini dilengkapi dengan fitur isi ulang (top up) uang elektronik. Fitur tersebut membantu pengguna jasa dengan kendaraan saat tidak memiliki atau kekurangan uang elektronik bisa mengisinya di konter yang telah disediakan. Kelancaran perjalanan bisa terbantu dengan pemakaian HK Toll Apps.

Akses pertemuan dengan Jalinsum dan Pelabuhan Bakauheni berpotensi kemacetan akan diantisipasi melalui gerbang tol Bakauheni Utara. Normalnya dalam kondisi lancar saat proses pembelian tiket kapal, pengguna jasa tol bisa langsung menuju Pelabuhan Bakauheni. Namun saat terjadi stagnasi atau kemacetan di gerbang tol Bakauheni Selatan hingga Pelabuhan Bakauheni, kendaraan bisa dialihkan ke Jalinsum di gerbang Bakauheni Utara.

“Komunikasi dan koordinasi diperlukan agar di jalan tol lancar dan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni lancar kala libur panjang,” tegasnya.

Libur panjang Maulid Nabi Muhammad ditambah cuti bersama jadi peluang kenaikan omzet operator kapal. Warsa, Ketua DPC Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Bakauheni menyebut libur panjang jadi peluang peningkatan muatan. Tiadanya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar mendorong peningkatan pengguna jasa.

“Libur panjang disiapkan sebanyak 68 unit kapal dengan rata rata operasional per hari 28 hingga 30 unit kapal,” cetusnya.

Antisipasi terjadinya stagnasi di Pelabuhan Bakauheni, Warsa menyebut opsi penggunaan tiket manual layak diterapkan. Sebab saat penggunaan tiket kapal online memakai aplikasi Ferizy berpotensi menimbulkan kemacetan. Pelayanan dengan sistem fleksibel diperlukan memperhitungkan waktu pelayanan kapal di setiap dermaga.

“Stagnasi kendaraan dari tol yang cepat sampai ke pelabuhan harus diantisipasi dengan rekayasa lalu lintas dengan baik,” cetusnya.

Sesuai jadwal setiap kapal memiliki waktu tempuh sekitar 120 menit. Penambahan satu dermaga dari semula hanya 5 menjadi 6 unit sebutnya akan berpotensi mempercepat pelayanan. Area parkir di Pelabuhan Bakauheni sebutnya akan membantu proses pelayanan lebih lancar saat libur panjang. Kuota kapasitas muatan yang dibatasi bisa diatasi dengan menambah jumlah kapal yang dioperasikan setiap hari.

Lihat juga...