Harga Cabai Merah di Padang Terus Mengalami Kenaikan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PADANG — Harga cabai merah di Kota Padang, Sumatera Barat, masih menunjukan terjadi kenaikan. Kondisi ini disebabkan sedikitnya pasokan yang masuk sejak dua pekan terakhir.

Pedagang di Pasar Raya Padang, Murni Yanti mengatakan, sedikitnya pasokan cabai merah yang masuk dipengaruhi oleh cuaca sehingga panen di daerah yang memasok menurun.

“Sekarang saja cabai yang tersisa banyak yang membusuk. Jadi setiap warga mau beli, saya persilahkan untuk memilihnya,” katanya, Selasa (13/10/2020).

Harga di pasaran saat ini untuk cabai jenis Jawa dan Medan dijual dengan harga Rp40.000 per kilogram dan lokal Rp45.000 per kilogram. Harga itu mengalami kenaikan sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram dari harga biasanya.

Melihat tren kenaikan harga itu dari waktu ke waktu, pedagang pun memperkirakan harga akan terus mengalami kenaikan hingga akhir tahun 2020 ini. Namun untuk menambah pasokan, pedagang tengah berupaya menambah pasokan dari daerah Lampung.

“Dari kemarin sudah masuk pasokan dari Lampung dan harganya pun Rp38.000 per kilogram, lebih murah Rp2.000 dari harga cabai Jawa dan dan Rp7.000 lebih tinggi dari harga cabai merah lokal,” ujarnya.

Menurutnya melihat pada 8 bulan terakhir ini, harga cabai merah terlihat normal yakni Rp20.000 hingga Rp25.000 per kilogram. Di satu sisi senang bagi masyarakat, tapi dari sisi pedagang apalagi para petani kondisi itu tidaklah sangat tidak baik.

“Saya tidak bisa pastikan juga bahwa harga cabai merah ini apakah nantinya bisa melebihi dari Rp50.000 atau tidaknya. Saya berharap semoga saja tidak, karena dengan harga Rp40.000 per kilogram ini penjualan pun sulit,” sebutnya.

Sulitnya penjualan karena turut dipengaruhi kondisi perekonomian masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19. Buktinya per orang itu hanya bisa membeli cabai merah biasanya 2 kilogram kini jadi setengah kilogram dan 1 kilogram saja.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Barat Ridonal membenarkan bahwa untuk menopang kekosongan stok cabai merah di Sumatera Barat, banyak pedagang memasok dari Lampung.

“Pedagang itu punya banyak jaringan untuk mencari pasokan cabai merah. Semoga saja dengan demikian stok tetap ada,” ujarnya.

Dikatakannya bila dibandingkan momen tahun lalu, harga dengan kondisi Rp40.000 masih belum begitu signifikan kenaikannya. Hanya saja dikarenakan adanya situasi pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat yang gelisah dengan harga cabai merah seperti itu.

Menurutnya bila nanti seandainya harga sudah lebih dari Rp50.000 per kilogram, pihaknya akan menggelar pasar murah yang bekerjasama dengan Toko Tani Indonesia Center Padang. Dimana harga yang dijual telah disubsidi oleh pemerintah.

“Kalau komoditi lainnya sejauh ini harga-harganya masih terpantau normal termasuk harga bawang merah,” tegasnya.

Lihat juga...