Hass Plus Konsisten Lestarikan Lagu ala Koes Plus

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Musik legendaris grup Koes Bersaudara atau Koes Plus memiliki tempat tersendiri sebagai pelopor musik pop di tanah air. Gaya bermusiknya terus dilestarikan oleh para penggemarnya.

Bahkan di Kota Bekasi, Jawa Barat, ada satu grup musik yang terus konsisten melestarikan tembang-tembang pop legenda Indonesia ala Koes Plus dan sudah sepuluh tahun berkeliling wilayah Jabodetabek.

Hass Plus, lahir dan tumbuh bersama lagu-lagu Koes Plus, diawaki oleh gitaris dan vokalis Hari Koesman. Sejak tahun 2009 lalu secara profesional  eksis melestarikan tembang legendaris ala Koes Plus itu.

Saat ini, Hass Plus telah memiliki dua grup pecahan, yaitu Band Hass Plus Trio dan Hass Plus Band. Keduanya membawakan misi sama dan memiliki tempat tersendiri di Kota Patriot melalui tembang bergaya Koes Plus.

“Hass Plus memang lahir tahun 2009. Waktu itu baru mulai coba-coba. Di tahun 2010 sudah profesional, sebagai alternatif apresiasi untuk yang punya duit sedikit tapi ingin mendengarkan ala Koes Plus,” ungkap Hari Koesman, pembina Hass Plus kepada Cendana News, Minggu (11/10/2020).

Dikatakan, Hass Plus Trio memang hadir memenuhi permintaan pasar khususnya untuk lagu nostalgia. Sedangkan Hass Plus Band, berisikan lima personel, ini yang khusus untuk lagu Koes Plus saja.

Berisikan personel gitar dan vokalis Hari Koesman, Titik Anggoro untuk melodi dan vokalis, dan Anto Pati untuk keyboard, sudah menjelajahi berbagai tempat di wilayah Jabodetabek. Dari satu tempat hajatan hingga ke kafe-kafe.

Tak hanya itu, Hass Plus juga terus mengisi berbagai acara baik di berbagai kementerian, kodam, kostrad, polres dan mall-mal di wilayah Jabodetabek. Berpindah-pindah tempat sesuai permintaan penggemar.

“Alhamdulillah, meski di tengah pandemi Covid-19, Hass Plus terus aktif meskipun dengan waktu terbatas. Banyak di kafe ataupun hajatan,” ujar Hari.

Bagi penggemar Koes Plus di Kota Bekasi yang ingin bernostalgia dengan lagu-lagu Koes Plus, Hass Plus saat ini memiliki jadwal rutin seperti di Ayam Pecak Bang Jay wilayah Medansatria, setiap hari minggu. Kemudian di Taman Kuliner Jatiwaringin di depan pom bensin, dan di Kafe Galaxy untuk hari Jumat. Untuk hari Rabu di Kafe Dehalo Ayu Ting-ting.

Edo Cassanova Lumelle, penggemar Koes Plus di Kota Bekasi, mengaku, sangat mengapresiasi Hass Plus yang konsisten melestarikan tembang legendaris tersebut.

Edo Cassanova Lumelle, seniman penggemar setia Hass Plus di Kota Bekasi, saat dijumpai, Minggu (11/10/2020). – Foto: Muhammad Amin

“Saya sangat terkesan dan sangat suka lagu Koes Plus ‘Desember’. Tembang Koes Plus tetap mengena hingga sekarang tak lekang oleh waktu,” ujarnya.

Dikatakan, bahwa di Kota Bekasi, banyak terbentuk komunitas pecinta Koes Plus dengan beragam nama. Sehingga Hass Plus sebagai pelestari tembang pop legendaris tersebut memiliki tempat tersendiri di Kota Bekasi.

Bak syair lagu ‘Desember’ milik Koes Plus, Edo mengatakan, Hass Plus mengajak siapa pun untuk bernostalgia seperti syair yang berbunyi, tiada seindah masa bercinta meskipun penuh penderitaan.

Begitu pun lagu lain seperti ‘Buat Apa Susah’, Hass Plus selalu mengajak penonton untuk tidak usah bersusah hati. Lebih baik bergembira.

“Siapa saja boleh naik ke atas panggung untuk bernyanyi atau sekadar berdansa bersama Hass Plus. Itu selalu dilakukan setiap tampil,” pungkas Edo.

Lihat juga...