Jakbar Siapkan Kolakan Penampung Air Banjir di Jalan Green Garden

JAKARTA – Pemerintah Kota Jakarta Barat (Jakbar), menyiapkan tempat penampungan air (kolakan), sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi di Jalan Green Garden.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, dan Wakil Wali Kota Jakarta barat, Yani Wahyu Purwoko, meninjau langsung ke Jalan Green Garden pada Minggu (18/10/2020, untuk melihat langsung rencana membuat kolakan. “Kita cari dulu titik permasalahannya, kenapa kawasan ini sering banjir saat hujan turun,” kata Wakil Walikota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, di sela-sela kunjungan, Minggu (18/10/2020).

Yani menyebut, untuk mengatasi persoalan Banjir, Pemkot Jakarta Barat mencoba membuat kolakan atau penampungan air sementara, yang lokasinya tidak jauh dari SPBU. “Kami akan buat kolam kolakan yang panjangnya 50 meter, lebar tiga meter dengan kedalaman dua meter,” ungkap Yani.

Dengan ukuran tersebut, ketika hujan turun air yang mengalir dari saluran ada wadahnya. “Setelah tempat itu penuh, kita buang ke saluran penghubung yang menghubungkan ke Kali Mokevart,” jelasnya.

Terkait lahan untuk pembuatan kolakan, Yani menyebut, pemkot sedang melakukan konsolidasi dengan para instansi terkait. “Tadi sudah kita bicarakan, sekarang Sudin SDA dan Pertamanan lagi mengerjakannya. Untuk pohon-pohonnya, kita pindahkan,” pungkas Yani. (Ant)

Lihat juga...