Jumat Pagi Pasar Saham di Australia Dibuka Melemah

SYDNEY  – Pasar saham di Australia dibuka sedikit lebih rendah pada perdagangan Jumat pagi, mengabaikan kenaikan di Wall Street semalam dengan keuntungan sektor energi tak mampu sepenuhnya mengimbangi pasar yang lesu.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun tipis 2,50 poin atau 0,041 persen menjadi 6.099,50 poin.

“Produsen-produsen minyak Teluk Meksiko menutup sekitar 1,7 juta barel produksi. Ini mendekati dua persen dari pasokan global, dan terjadi pada minggu yang sama ketika data persediaan menunjukkan permintaan energi di AS lebih kuat dari yang diperkirakan,” ujar kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Sementara itu, sektor-sektor lainnya membukukan hasil beragam, dengan sedikit keuntungan di sektor material dan industri mengimbangi kerugian keuangan dan kesehatan.

Di bidang keuangan, bank-bank besar sebagian besar lebih rendah dengan Westpac Bank turun 0,17 persen, ANZ turun 0,05 persen dan National Australia Bank turun 0,48 persen, namun Commonwealth Bank naik 0,10 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar melemah dengan BHP turun 0,38 persen, Rio Tinto turun 0,69 persen dan Fortescue Metals turun 0,41 persen, namun penambang emas Newcrest naik 1,06 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas menguat dengan Oil Search naik 2,31 persen, Santos naik 1,59 persen dan Woodside Petroleum naik 0,66 persen. Supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles tidak berubah dan Woolworths turun 0,05 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,36 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas terangkat 0,47 persen dan perusahaan biomedis CSL terpangkas 0,92 persen. (Ant)

Lihat juga...