Keripik Berbahan Ubi Talas Sikka Hidangan Lezat

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Ubi talas atau ubi keladi banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dijual pedagang dengan harga murah, ubi talas bisa diolah jadi hidangan keripik nan lezat .

Satu kumpul yang terdiri dari 6 hingga 8 buah ubi talas dijual seharga Rp10 ribu dan banyak dibeli masyarakat untuk dikonsumsi sendiri dan dihidangkan dalam setiap acara pesta dengan cara direbus.

“Saat ini hampir setiap pesta pasti ada suguhan makanan lokal seperti singkong dan pisang rebus serta talas rebus,” sebut Atik Meak, seorang warga Kecamatan Kangae, saat ditemui Cendana News, Sabtu (3/10/2020).

Atik mengakui warga lebih banyak mengkonsumsi talas rebus padahal bila diolah dengan lebih baik dan dikemas maka akan memiliki nilai jual yang lebih baik dan bisa meningkatkan pendapatan.

Dirinya berharap agar pemerintah bisa membantu kelompok-kelompok di masyarakat agar bisa mengolahnya menjadi produk kemasan dan bisa dijual ke luar daerah.

“Ubi talas yang banyak terdapat di Kabupaten Sikka bisa diolah dan dikemas agar bisa dijadikan oleh-oleh pangan lokal. Bila dikemas menarik maka bisa dijual di pasar modern yang banyak terdapat di Sikka,” ucapnya.

Maumere Maria Magdalena saat ditemui di rumahnya, Sabtu (3/10/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Warga Kota Maumere, Maria Magdalena saat ditanyai, mengaku sering membuat keripik dari ubi talas untuk dikonsumsi sendiri bersama keluarga saat ada acara keluarga atau disantap sore hari saat minum kopi.

Maria mengatakan, pembuatan keripik talas tergolong mudah di mana talas dikupas dan diiris kecil-kecil lalu dicuci di air hingga benar-benar bersih terlebih dahulu.

“Siapkan air di baskom atau wadah untuk merendamnya di mana air tersebut dicampur dengan kapur sirih lalu diaduk hingga merata. Masukan keripik yang sudah diiris dan direndam minimal selama 3 jam agar rasanya lebih gurih,” ujarnya.

Maria melanjutkan, siapkan garam secukupnya, bawang putih serta kaldu ayam lalu haluskan bawang putih dan garam serta kaldu ayam.

Sesudahnya kata dia, ubi talas yang direndam diangkat lalu ditiriskan hingga airnya benar-benar kering baru sesudahnya dimasukan ke dalam campuran bumbu yang telah dihaluskan.

“Rendam ubi talas tersebut selama sekitar setengah jam sambil diaduk hingga campuran bumbunya meresap.Panaskan minyak goreng di wajan hingga benar-benar panas lalu masukan talas tersebut,” ucapnya.

Maria katakan, setelah matang baru keripik diangkat dan ditiriskan hingga benar-benar kering lalu siap dihidangkan untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Lihat juga...