Kerusakan Akses Jalan Hambat Distribusi Barang di Lamsel

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Kerusakan sejumlah akses jalan penghubung di Lampung Selatan hambat distribusi barang. Titik akses jalan rusak berada di ruas jalan provinsi Kecamatan Ketapang.

Suherman, pengepul hasil pertanian di Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang menyebut terhambat saat mendistribusikan hasil panen kelapa sawit. Kerusakan terparah berada di Desa Karangsari, Desa Sri Pendowo, Desa Bangunrejo hingga Ketapang.

“Kerusakan akses jalan efek langsungnya tentu bagi kendaraan serta waktu tempuh lebih lama. Waktu tempuh normal mencapai satu jam bisa ditempuh hingga dua jam. Jika ada kerusakan, kendaraan akan terhambat,” terang Suherman saat ditemui Cendana News di Pematang Pasir, Selasa (6/10/2020).

Tiket yang dijual secara online berdasarkan waktu tempuh sebutnya kerap hangus saat terjadi kerusakan kendaraan. Imbasnya biaya tiket kendaraan golongan V seharga lebih dari Rp600.000 hangus.

“Banyak kendaraan yang tidak memiliki akses jalan lain sehingga harus melintas di akses jalan provinsi yang rusak,” cetusnya.

Tukimin, pengepul hasil pertanian pisang menyebut akses jalan sangat berkorelasi erat dengan sektor usaha distribusi. Sebagian hasil pertanian pisang asal Lampung Selatan yang akan didistribusikan ke Lampung Timur harus diangkut melalui ruas jalan provinsi. Sebab meski ada akses jalan lain kendaraan ekspedisi barang harus memutar dan butuh waktu lama.

Kerusakan ruas jalan provinsi sebut Tukimin imbas musim panen jagung dan distribusi hasil tambang. Sebagian pemilik usaha jual beli pasir asal Lampung Timur yang menjual pasir ke Lampung Selatan menggunakan kendaraan dum truk.

“Pernah ada moratorium untuk penghentian tambang pasir namun saat ini pemilik usaha memakai kendaraan ukuran kecil yang tetap berpotensi merusak jalan,” tegasnya.

Kasmir, penanggung jawab perbaikan jalan Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) menyebut perbaikan dilakukan pada sejumlah titik dan difokuskan pada ruas jalan nasional secara bertahap.

“Saat ini perbaikan telah sampai di wilayah Kecamatan Katibung dengan sistem pengupasan aspal lalu akan ditambal aspal baru,” cetusnya.

Suherman (kiri) pengepul hasil panen kelapa sawit di Desa Pematang Pasir Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan alami kendala distribusi imbas kerusakan jalan, Selasa (6/10/2020). Foto: Henk Widi

Selain di wilayah Katibung perbaikan akses jalan dilakukan pada wilayah Kecamatan Sidomulyo. P2JN sebut Kasmir melakukan perbaikan saluran drainase yang sebelumnya hanya galian tanah dibuat pondasi semen.

Peningkatan kualitas jalan sebutnya akan membantu distribusi barang menggunakan kendaraan ekspedisi. Khusus untuk ruas jalan provinsi perbaikan sebutnya berada di Dinas Bina Marga.

Lihat juga...