KJS di Lamsel Gelar Senam Massal di Obwis Tarik Minat Warga

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Klub Jantung Sehat (KJS) di sejumlah desa di Lampung Selatan, menjadi salah satu organisasi yang gencar mengajak masyarakat berolahraga senam.

Sriyanti, anggota Komite Olah Raga Kecamatan (KOK) Ketapang, menyebut senam menjadi salah satu olah raga yang banyak diminati kaum wanita. Tingginya minat olah raga senam terlihat dari antusiasme warga untuk bergabung dalam KJS.

Upaya memasyarakatkan olah raga senam oleh KJS, sebut Sriyanti, dilakukan terorganisir. Setiap desa memiliki klub yang akan dikoordinir oleh instruktur atau pelatih bersertifikat. Sebagai bagian dari Yayasan Jantung Indonesia (YJI), upaya mengenalkan olah raga senam jantung butuh perjuangan. Strategi senam berpindah lokasi menjadi cara menarik minat.

Hamsin, Kepala Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Jumat (23/10/2020). -Foto: Henk Widi

Sriyanti yang akrab disapa Inul, menyebut sejak setahun lebih melakukan konsep senam di alam terbuka. Lapangan, area wisata alam air terjun, dan pantai menjadi alternatif untuk kegiatan olah raga senam. Kolaborasi itu memberi manfaat ganda bagi peserta senam.

“Olah raga saat masa pandemi Covid-19, sangat dianjurkan karena stamina tubuh perlu ditingkatkan melalui kegiatan olah raga. Senam jantung sehat menjadi pilihan karena memiliki gerakan yang terstruktur, berguna untuk kesehatan jantung,” terang Sriyanti di pantai Batu Putih, Ketapang, Jumat (23/10/2020).

Senam jantung sehat yang terorganisir melalui klub, sebut Sriyanti, akan memudahkan komunikasi antaranggota. Komunikasi tersebut di antaranya dengan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan jantung melalui kegiatan olah raga. Sebab, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit tidak menular yang kerap diderita oleh masyarakat modern.

Kegiatan olah raga senam jantung sehat, sebut Sriyanti memiliki pola yang teratur. Agar lebih menarik, improvisasi penggunaan musik untuk mengiringi senam kerap diperlukan. Gerakan pemanasan, gerakan utama hingga penenangan diiringi dengan musik kekinian yang disukai oleh para ibu rumah tangga.

“Semua gerakan yang dilatih oleh instruktur kerap diajarkan dari tingkat desa, sehingga saat senam massal semua bisa mengikutinya,” cetusnya.

Sariyanti menyebut, sepekan atau beberapa hari sebelum pelaksanaan senam jantung sehat, instruktur akan menginformasikan melalui grup WhatsApp. Wilayah Ketapang yang memiliki banyak objek wisata alam, menjadi alternatif untuk kegiatan senam jantung sehat. Pilihan objek wisata alam karena pertimbangan udara yang masih bersih, sinar matahari menyehatkan dan pemandangan alam yang indah.

Kolaborasi olah araga senam, sebut Sriyanti ikut menjadi cara promosi wisata. Selain mendapatkan kesehatan dari gerakan yang telah dilakukan, anggota KJS bisa ikut mengenalkan destinasi wisata. Destinasi wisata yang kerap menjadi lokasi senam KJS, di antaranya pantai Onaria, pantai Batu Putih, air terjun Gajah Mati dan Pantai Pedada.

“Kegiatan senam yang digelar di objek wisata akan menyemangati para ibu rumah tangga untuk datang mengajak keluarga,” paparnya.

Hamsin, Kepala Desa Ketapang, menyebut olah raga menjadi salah satu pendorong untuk mengenalkan objek wisata. Olah raga senam sangat tepat dilakukan di area pantai Batu Putih. Lokasi tersebut memiliki lapangan dan area tanggul penangkis yang berfungsi sebagai jogging track,olah raga jalan kaki dan bersepeda.

Kegiatan olah raga dengan melibatkan kaum wanita, ibu rumah tanggam sebutnya, cukup efektif. Saat ini, sebagian kaum ibu memiliki media sosial Facebook,Instagram. Aktivitas senam jantung sehat yang dilakukan kerap akan diunggah. Kegiatan senam di objek wisata juga menjadi kolaborasi apik, untuk mempromosikan destinasi wisata agar makin dikenal.

“Sejumlah sarana olah raga seperti untuk outdoor fitness juga akan ditambahkan, agar pantai Batu Putih bisa menjadi pusat kegiatan olah raga dan wisata,” terang Hamsin.

Memfasilitasi kegiatan olah raga, sebutnya, menjadi upaya untuk mengajak masyarakat menerapkan perilaku hidup sehat. Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan kegiatan senam, akan terus dilakukan untuk meningkatkan stamina tubuh. Sebab, olah raga menjadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung, kolesterol, dan lainnya.

Lihat juga...