Kolombia Tampil Gemilang di Ajang Kualifikasi Piala Dunia

JAKARTA  – Tim nasional Kolombia mengawali kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL dengan gemilang setelah Luis Muriel menyumbangkan dua gol untuk mengalahkan tamunya Venezuela 3-0 di Stadion Metropolitano Roberto Melendez, Barranquilla, Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB).

Dua gol Muriel melengkapi gol pembuka Kolombia yang dicetak rekan setimnya di Atalanta, Duvan Zapata, demikian catatan laman resmi CONMEBOL.

Marjin tiga gol itu sekaligus membuat Kolombia untuk sementara memimpin klasemen kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di atas Uruguay dan Argentina yang juga menang sehari sebelumnya.

Tim tamu hampir dipaksa tampil dengan 10 pemain saat laga baru berjalan 11 menit ketika Darwin Machis melakukan pelanggaran keras, membuat Santiago Arias cedera dan segera keluar digantikan Jhon Medina.

Namun, setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit Guillermo Guerrero membatalkan hukuman kartu merah yang sempat diperlihatkannya kepada Machis.

Sesudah itu, Venezuela hampir mencuri keunggulan dalam situasi sepak pojok tetapi sundulan Sergio Cordova masih melenceng tipis di sisi gawang.

Pada menit ke-16, Kolombia membuka keunggulan melalui sepakan jarak dekat Zapata memanfaatkan umpan silang Juan Cuadrado yang tak mampu diantisipasi kiper Wuilker Farinez.

Keunggulan itu digandakan 10 menit kemudian oleh Muriel yang menguburkan bola ke pojok kiri bawah gawang, mengubah kedudukan jadi 2-0 untuk Kolombia.

Zapata hampir mencetak gol keduanya pada menit ke-28, tetapi sundulannya memanfaatkan umpan silang James Rodriguez masih bisa diamankan Farinez.

Venezuela yang mulai kesulitan menembus pertahanan Kolombia, beralih kepada tendangan-tendangan spekulasi jarak jauh, termasuk tembakan Jefferson Savarino yang bahkan belum mencapai gawang serta lewat Roberto Rosales yang bisa ditepis kiper Camilo Vargas.

Kolombia menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 saat Muriel menyudahi sebuah serangan balik dan menyelesaikan umpan kiriman Vargas menjadi gol pada menit ketiga injury time.

Venezuela lebih bernafsu menyerang pada paruh kedua, tetapi enam percobaan tembakan mereka tak satu pun bisa terkonversi jadi gol.

Sebaliknya, penyerang gaek Radamel Falcao hampir menambah keunggulan Kolombia pada menit ke-77, tetapi tembakannya masih belum mampu menaklukkan Farinez dan skor 3-0 tak berubah hingga bubaran.

Dalam rangkaian pertandingan kedua pada Selasa (13/10) waktu Amerika Latin, Kolombia akan bertandang ke Chile sedangkan Venezuela menjamu Paraguay di Merida.

Susunan Pemain

Kolombia (4-3-3): Camilo Vargas; Santiago Arias (Stefan Medina), Yerry Mina, Davinson Sanchez, Johan Mojica; Juan Cuadrado (Alfredo Morelos), Wilmar Barrios, Jefferson Lerma; James Rodriguez (Steven Alzate), Duvan Zapata (Radamel Falcao), Luis Muriel (Frank Fabra)
Pelatih: Carlos Queiroz

Venezuela (4-2-3-1): Wuilker Farinez; Ronald Hernandez, Jhon Chancellor, Wilker Angel, Roberto Rosales (Rolf Feltscher); Yangel Herrera, Tomas Rincon; Jhon Murillo (Juanpi), Jefferson Savarino (Romulo Otero), Darwin Machis (Cristian Casseres); Sergio Cordova (Andres Ponce) (Ant)

Lihat juga...