KONI Bekasi Lakukan Tracing Covid-19 ke Seluruh Atlet

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi, melakukan tracing atau rapid test kepada atlet dan pelatih melalui setiap cabang olah raga (cabor) di wilayahnya. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk persiapan menyambut Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022.

“Tahun depan akan ada praPorda, jadi KONI ingin memastikan semua atlet kondisi staminanya tetap terjaga sebagai persiapan menyambut Porda 2022,” ungkap Agus Irianto, Ketua Satuan Laksana gugus tugas KONI Kota Bekasi, kepada Cendana News, Jumat (23/10/2020).

Dikatakan, kegiatan tracing oleh KONI Kota Bekasi kepada atlet melalui masing-masing cabor adalah bentuk menjaga stamina dan kondisi atlet, agar terbebas dari Covid-19.

“Alhamdulillah, hasilnya negatif atau zero Covid-19,” tukasnya.

Agus Irianto, Ketua Satlak Gugus Tugas KONI Kota Bekasi menyampaikan sambutannya dalam pelaksanaan tracing, Jumat (23/10/2020). –Foto: M Ami

Menurut dia, tracing sudah dilakukan di sepuluh cabor di bawah binaan KONI Kota Bekasi, dengan menyasar ratusan atlet dan pelatih seperti Wushu, tinju dan lainnya.

Tracing ini awalnya memang menyasar cabor yang terdekat di kantor KONI Kota Bekasi, dan sudah selesai di sepuluh cabor dan keseluruhan yang dilakukan tracing sudah mencapai 200 atlet,” papar Agus.

Ia memastikan, dari hasil tracing tersebut dipastikan semua atlet dan pelatih dalam kondisi bebas Covid-19. Stamina atlet tetap terjaga dengan baik dan siap memberi prestasi bagi daerah. Tracing tersebut melibatkan tim medis dari KONI sendiri, dibantu beberapa perawat yang sudah terbiasa.

Dia berharap, tracing yang dilakukan memberi dampak positif bagi atlet yang saat ini terus mempersiapkan diri menghadapi pra Porda 2021 dan Porda Jabar 2022. KONI sendiri terus memberi motivasi, salah satunya dengan menjaga stamina atlet.

“Untuk jumlah atlet di setiap cabor memang tidak merata. Tapi secara jumlah keseluruhan, atlet yang telah dilakukan tracing mencapai 200-an. Pantauan saya di lapangan, ternyata imunnya sehat semua,”ucap Agus.

Ketua Umum KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan S, mengatakan rapid test ini selain memastikan diagnosis Covid-19, juga sebagai langkah memastikan stamina dan kesehatan bagi atlet. Bahkan, kantor KONI sendiri guna kenyamanan sudah melakukan rapid test.

Kegiatan ini juga bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Bekasi, yang memiliki aktivitas tinggi.

“Pemeriksaan (rapid test) langsung menyasar atlet dengan ke kantor cabor masing-masing. Tim medis langsung datang ke kantor cabor untuk melakukan tracing kepada para atlet,” papar dia.

Sebelumnya, para atlet berbagai cabor tersebut sudah mengikuti arahan dari Dispora dan BPBD Kota Bekasi di auditorium KONI.

Lihat juga...