Koperasi SHS Mandiri DCML Krambilsawit Catatkan SHU Rp26 Juta

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Sepanjang tahun 2019, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, koperasi binaan Yayasan Damandiri tercatat mampu menghasilkan keuntungan atau Sisa Hasil Usaha (SHU) mencapai Rp26juta.

SHU tersebut seluruhnya berasal dari keuntungan kegiatan simpan pinjam yang dijalankan unit usaha Modal Kita/Tabur Puja sepanjang tahun 2019.

Hal itu terungkap dalam laporan pertanggungjawaban pengurus koperasi dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2019 Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit di Desa Cerdas Mandiri Lestari Krambilsawit Saptosari Gunungkidul belum lama ini.

Manager Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Muhammad Lukman Hakim, mengatakan seluruh keuntungan Koperasi atau SHU tersebut akan diputarkan dan dikembangkan lagi sebagai pinjaman untuk meningkatkan perputaran modal koperasi.

“Sesuai kesepakatan SHU tahun 2019 akan digunakan untuk dikembangkan sebagai pinjaman lagi. Agar perputaran semakin meningkat,” katanya.

Lukman Hakim (tengah) dalam kegiatan RAT Tutup Buku Tahun 2019, belum lama ini. -Foto Jatmika H Kusmargana

Lukman mengakui SHU pada tutup buku tahun 2019 ini belum bisa maksimal. Sehingga ke depan pengurus koperasi berencana mengembangkan dan mengelola jenis usaha baru, sehingga diharapkan bisa meningkatkan keuntungan Koperasi.

“Tahun depan Koperasi akan fokus pada pengembangan sektor real bisnis, baik itu melalui sektor perdagangan, produksi, dan budidaya. Salah satunya adalah budidaya magot, produk pertanian, bisnis ritel. Sejumlah unit usaha tersebut hingga saat ini belum berjalan karena selama ini masih terkendala adanya pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Lukman juga menyampaikan Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit melalui unit simpan pinjam Modal Kita sepanjang tahun 2019 telah mampu menggulirkan dana pinjaman modal usaha hingga mencapai Rp3,2 milyar bagi 970 anggota yang tersebar di 13 kelompok dan 38 sub kelompok.

Sementara nilai aset Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit hingga 2019 tercatat memiliki nilai aset Rp3,1 milyar. Dengan simpanan pokok Rp55 juta serta simpanan wajib Rp32juta. Hingga tahun 2019 tercatat dana yang di gulirkan dari yayasan Damandiri mencapai Rp2.782.500.000 dengan outusanding mencapai Rp2.669.165.959.

Digelar di tengah situasi pandemi, RAT Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit tutup buku tahun 2019 dilaksanakan secara terbatas serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hadir dalam RAT kali ini seluruh pengurus Koperasi, termasuk sejumlah pejabat desa serta perwakilan dari Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Gunungkidul hingga Yayasan Damandiri Jakarta dengan memanfaatkan aplikasi berbasis internet.

Lihat juga...