KPU Purbalingga Perpanjang Masa Pendaftaran KPPS

Ilustrasi - Pilkada Serentak 2020 – Foto Ant

PURBALINGGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan, pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diperpanjang hingga 18 Oktober 2020.

“KPU Purbalingga memperpanjang pendaftaran KPPS di 35 desa yang tersebar di delapan kecamatan. Sebelumnya, masa pendaftaran hanya sampai 13 Oktober, namun diperpanjang hingga 18 Oktober,” kata anggota KPU Purbalingga, Divisi Parmas, SDM dan Kampanye, Andri Supriyanto, Kamis (15/10/2020).

Dia menjelaskan, total kebutuhan anggota KPPS untuk pilkada 2020 di Purbalinhgga sebanyak 14.903 orang. Kendati demikian, pada 13 Oktober 2020 baru ada 13.542 orang yang mendaftar. Sehingga terdapat kekurangan personel sebanyak 1.361 orang.

Anggota KPU Purbalingga, Andri Supriyanto – Foto Ant

“Dengan kondisi tersebut, maka bagi desa-desa yang masih kekurangan akan dibuka perpanjangan pendaftaran dari 14 hingga 18 Oktober 2020,” katanya.

Merujuk Surat Keputusan KPU RI No.476/2020, jika pada akhir masa perpanjangan masih belum tercukupi, maka KPU Purbalingga akan bekerjasama dengan lembaga profesi yang ada, seperti lembaga pendidikan, perguruan tinggi dan atau organisasi kepemudaan yang ada, untuk memenuhinya.

“Kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga untuk bergabung bersama KPU sebagai KPPS,” katanya.

Rekrutmen dilaksanakan di tingkat desa, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Persyaratannya antara lain merupakan Warga Negara Indonesia, berusia minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun, independen dan tidak sedang menjalani hukuman,” jelasnya.

Persyaratan lainnya, calon anggota KPPS harus memastikan bahwa dirinya bisa bersikap netral dan tidak memihak salah satu calon. “Nantinya ada seleksi administrasi dan wawancara oleh PPS. Setelahnya, PPS menetapkan dalam surat keputusan atas nama KPU,” tandasnya.

Selain itu, calon anggota KPPS juga perlu menyertakan surat keterangan sehat dari puskesmas. Diharapkan, seluruh proses pelaksanaan rekrutmen KPPS akan berlangsung dengan baik dan lancar. (Ant)

Lihat juga...