Kreasi Puding Ubi Ungu Camilan Sederhana nan Menyehatkan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Camilan puding jadi salah satu kuliner yang mudah dibuat dengan bahan instan. Bahannya pun cukup mudah didapat, mulai buatan pabrik hingga kreasi dari bahan alami seperti memakai ubi jalar ungu yang biasanya hanya diolah dengan cara direbus, digoreng. 

Stevani salah satu warga di Lampung Selatan menyebutkan, sebagai camilan sederhana, puding ubi ungu mudah dibuat. Bahan yang mudah diperoleh di pasar tradisional perkilogram hanya dibeli seharga Rp6.000.

Selain bahan utama ubi ungu ia menyiapkan bahan lain berupa santan, bahan agar agar, gula pasir, tepung maizena, garam. Ia kerap menambahkan susu atau coklat sebagai variasi rasa.

“Ubi ungu terlebih dahulu dicuci lalu dikukus dalam panci khusus hingga matang, selanjutnya akan dihaluskan memakai blender tanpa membuang bagian kulit agar warna ungu lebih terlihat,” terang Stevani saat ditemui Cendana News, Sabtu (17/10/2020).

Ubi ungu yang telah dihaluskan sebut Stevani akan dicampur bersama bahan lain memakai alat pengaduk atau mixer. Bahan yang dicampurkan memakai mixer berupa santan, bahan agar agar, gula pasir, tepung maizena, sedikit garam. Tambahkan sedikit air agar semua bahan tercampur sempurna dengan cara mengaduknya.

Semua bahan yang telah dicampurkan memakai mixer selanjutnya dituangkan dalam panci. Panaskan semua bahan dengan api sedang melalui proses pengadukan hingga mendidih. Proses pengadukan dilakukan agar bagian bawah tidak lengket dan semua bahan tercampur sempurna. Pencampuran juga dilakukan agar semua bahan menyatu dengan rasa yang khas.

“Mendidihkan semua bahan bertujuan supaya tepung maizena, santan, bahan agar menyatu dan matang serta mengembang,” cetusnya.

Semua bahan yang telah diaduk merata selanjutnya akan dihilangkan uapnya. Dalam kondisi hangat bahan puding ubi ungu dituangkan pada loyang khusus untuk proses pencetakan. Total bahan sebanyak satu kilogram bisa dicetak secara penuh dalam loyang berbentuk bulat. Berbagai cetakan jenis kotak, oval atau bentuk yang unik bisa dipilih agar puding ubi ungu menarik.

Pilihan memakai ubi jalar untuk pembuatan puding tambah Stevani karena ubi tersebut kaya nilai gizi. Gizi yang ada dalam ubi ungu diantaranyabkalori, karbohidrat, protein, lemak, vitamin A dan vitamin C.

“Puding ubi ungu akan semakin nikmat disajikan dalam kondisi dingin, kreasi lanjutan puding dikombinasikan dengan es krim,” cetusnya.

Memiliki target menurunkan berat badan, Stevani menyebut menjadikan ubi ungu camilan pengganti sarapan. Sarapan yang kerap memakai nasi mulai diganti dengan puding ubi ungu.

“Aktivitas olahraga sedikit lebih kurang jadi berat badan sempat naik, kuliner alternatif untuk diet salah satunya puding ubi ungu,” cetusnya.

Satu loyang puding ubi ungu sebutnya bisa habis dalam waktu tiga hari. Puding akan disimpan dalam kulkas dan disantap saat lapar. Sebagai camilan puding ubi ungu bisa jadi pengganti makanan lain yang menyebabkan berat badan meningkat. Meski mengenyangkan namun bahan puding justru berpotensi menurunkan berat badan.

Christeva sang anak mengaku kerap menyantap puding ubi ungu dengan dicampur es krim. Puding ungu yang memiliki rasa manis dan kenyal juga kerap dicampurkan dengan es buah. Puding ungu yang telah dicetak dalam loyang lebih nikmat disantap saat dingin. Saat pagi hari puding susu bisa menjadi santapan agar perut terisi dengan makanan lembut. Cocok untuk asupan bagi penderita gangguan lambung.

Lihat juga...